Text
Skripsi : PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MEMBILANG DENGAN METODE BILINGUAL MELALUI MEDIA TABUNG ANGKA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN TKIT AL AKHYAR DESA GONDANGMANIS KECAMATAN BAE KABUPATEN KUDUS - CD Skripsi
ABSTRAK
Djami’ah. 2620230632. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MEMBILANG
DENGAN METODE BILINGUAL MELALUI MEDIA TABUNG ANGKA PADA
ANAK USIA 4-5 TAHUN TKIT AL AKHYAR DESA GONDANGMANIS
KECAMATAN BAE KABUPATEN KUDUS. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia
Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 70 halaman.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan kemampuan
membilang pada anak usia 4-5 tahun TKIT Al Akhyar Desa Gondangmanis Kecamatan
Bae Kabupaten Kudus, untuk mengetahui dan membuktikan keefektian penerapan
bilingual melalui media tabung angka oleh guru dalam peningkatan kemampuan
membilang pada anak usia 4-5 tahun TKIT Al Akhyar Desa Gondangmanis Kecamatan
Bae Kabupaten Kudus, untuk mengetahui dan menggambarkan penerapan bilingual
melalui media tabung angka oleh guru dalam proses pembelajaran pada anak usia 4 – 5
tahun di TKIT Al Akhyar Desa Gondangmanis Kecamatan Bae Kabupaten Kudus.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan tindakan kelas (PTK) yang
terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 (empat) langkah, yaitu: 1)
planning (perencanaan), 2) actuating (pelaksanaan), 3) observation (pengamatan), 4)
reflecting (refleksi). Subyek penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelompok
A usia 4-5 tahun TKIT Al Akhyar Desa Gondangmanis Kecamatan Bae Kabupaten
Kudus yang berjumlah 15 anak.
Hasil penelitian ini ialah metode bilingual dengan media tabung angka berhasil
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep membilang pada anak usia 4-5 tahun
TKIT Al Akhyar Desa Gondangmanis Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Hal ini
dibuktikan bahwa anak yang mencapai kriteria tuntas atau Berkembang Sangat Baik
(BSB) pada Pra Siklus sejumlah 4 anak atau sebesar 27%, meningkat pada Siklus I
Pertemuan Ke-1 sejumlah 7 anak atau sebesar 47%, pada Siklus I Pertemuan Ke-2
sejumlah 9 anak atau sebesar 60%, meningkat signifikan pada Siklus II Pertemuan Ke-1
sejumlah 12 anak atau sebesar 80% , pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sejumlah 13 anak
atau sebesar 87%. Indikator keberhasilan dalam PTK ini adalah keberhasilan anak
secara klasikal sebesar 85% sehingga PTK dinyatakan berhasil pada siklus II. Indikator
peningkatan konsep membilang anak terlihat dari peningkatan menjodohkan bentuk
angka pada sketsa pada kartu bergambar, memahami simbol penjumlahan (+), dua
bahasa atau bilingual, yaitu bahasa Indonesia dan Inggris. Selain itu, anak memahami
penjumlahan angka 1-10, memahami tentang apa dan bagaimana membilang benda
disekitar serta anak secara keseluruhan mengusai materi membilang angka 1-10 dengan
lancar.
Kata Kunci: konsep membilang, metode bilingual, media tabung angka
103/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain