Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Skripsi : PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MEMBILANG DENGAN
METODE BILINGUAL MELALUI MEDIA TABUNG ANGKA 
PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN TKIT AL AKHYAR 
DESA GONDANGMANIS KECAMATAN BAE 
KABUPATEN KUDUS - CD Skripsi

Text

Skripsi : PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MEMBILANG DENGAN METODE BILINGUAL MELALUI MEDIA TABUNG ANGKA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN TKIT AL AKHYAR DESA GONDANGMANIS KECAMATAN BAE KABUPATEN KUDUS - CD Skripsi

Djamiah - Nama Orang;

ABSTRAK
Djami’ah. 2620230632. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MEMBILANG
DENGAN METODE BILINGUAL MELALUI MEDIA TABUNG ANGKA PADA
ANAK USIA 4-5 TAHUN TKIT AL AKHYAR DESA GONDANGMANIS
KECAMATAN BAE KABUPATEN KUDUS. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia
Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 70 halaman.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan kemampuan
membilang pada anak usia 4-5 tahun TKIT Al Akhyar Desa Gondangmanis Kecamatan
Bae Kabupaten Kudus, untuk mengetahui dan membuktikan keefektian penerapan
bilingual melalui media tabung angka oleh guru dalam peningkatan kemampuan
membilang pada anak usia 4-5 tahun TKIT Al Akhyar Desa Gondangmanis Kecamatan
Bae Kabupaten Kudus, untuk mengetahui dan menggambarkan penerapan bilingual
melalui media tabung angka oleh guru dalam proses pembelajaran pada anak usia 4 – 5
tahun di TKIT Al Akhyar Desa Gondangmanis Kecamatan Bae Kabupaten Kudus.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan tindakan kelas (PTK) yang
terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 (empat) langkah, yaitu: 1)
planning (perencanaan), 2) actuating (pelaksanaan), 3) observation (pengamatan), 4)
reflecting (refleksi). Subyek penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelompok
A usia 4-5 tahun TKIT Al Akhyar Desa Gondangmanis Kecamatan Bae Kabupaten
Kudus yang berjumlah 15 anak.
Hasil penelitian ini ialah metode bilingual dengan media tabung angka berhasil
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep membilang pada anak usia 4-5 tahun
TKIT Al Akhyar Desa Gondangmanis Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Hal ini
dibuktikan bahwa anak yang mencapai kriteria tuntas atau Berkembang Sangat Baik
(BSB) pada Pra Siklus sejumlah 4 anak atau sebesar 27%, meningkat pada Siklus I
Pertemuan Ke-1 sejumlah 7 anak atau sebesar 47%, pada Siklus I Pertemuan Ke-2
sejumlah 9 anak atau sebesar 60%, meningkat signifikan pada Siklus II Pertemuan Ke-1
sejumlah 12 anak atau sebesar 80% , pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sejumlah 13 anak
atau sebesar 87%. Indikator keberhasilan dalam PTK ini adalah keberhasilan anak
secara klasikal sebesar 85% sehingga PTK dinyatakan berhasil pada siklus II. Indikator
peningkatan konsep membilang anak terlihat dari peningkatan menjodohkan bentuk
angka pada sketsa pada kartu bergambar, memahami simbol penjumlahan (+), dua
bahasa atau bilingual, yaitu bahasa Indonesia dan Inggris. Selain itu, anak memahami
penjumlahan angka 1-10, memahami tentang apa dan bagaimana membilang benda
disekitar serta anak secara keseluruhan mengusai materi membilang angka 1-10 dengan
lancar.
Kata Kunci: konsep membilang, metode bilingual, media tabung angka


Ketersediaan
103/PAUD/PUS/II/2022378Perpustakaan Pusat (PG PAUD)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
378
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
21x30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
PG PAUD
103/PAUD/PUS/II/2022
Djamiah
2620230632
Info Detail Spesifik
Hard cover skripsi warna biru - CD Skripsi Jurusan PG - PAUD
Pernyataan Tanggungjawab
Djamiah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MEMBILANG DENGAN METODE BILINGUAL MELALUI MEDIA TABUNG ANGKA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN TKIT AL AKHYAR DESA GONDANGMANIS KECAMATAN BAE KABUPATEN KUDUS
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik