Text
Skripsi : PENINGKATAN PENGENALAN KEAKSARAAN AWAL MELALUI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN KBIT AL AKHYAR DESA GONDANGMANIS KECAMATAN BAE KABUPATEN KUDUS - CD Skripsi
ABSTRAK
Ihda Mu’awanah. 2620230677. PENINGKATAN PENGENALAN
KEAKSARAAN AWAL MELALUI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA
PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN KBIT AL AKHYAR DESA
GONDANGMANIS KECAMATAN BAE KABUPATEN KUDUS. Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Ivet. 70 halaman.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk
mengetahui kemampuan keaksaraan awal anak KBIT Al Akhyar Desa
Gondangmanis Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. 2) Untuk mendeskripsikan
penerapan metode demonstrasi melalui permainan ular tangga dalam
meningkatkan kemampuan keakasaaran awal pada anak usia 3-4 tahun KBIT Al
Akhyar Desa Gondangmanis Kecamatan Bae Kabupaten Kudus.
Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Penelitian ini dilaksanakan di KBIT Al Akhyar Desa Gondangmanis
Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Waktu penelitian selama 3 (tiga) bulan, yaitu
bulan Mei sampai Juli 2022. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik
kelompok anak usia 3-4 tahun KBIT Al Akhyar Desa Gondangmanis Kecamatan
Bae Kabupaten Kudus yang berjumlah 18 anak.
Hasil penelitian ini antara lain: 1) Penerapan metode Pembelajaran dengan media
permainan ular tangga berhasil meningkatkan pemahaman keaksaraan awal pada
anak usia 3-4 tahun KBIT Al Akhyar Desa Gondangmanis Kecamatan Bae
Kabupaten Kudus. Hal ini dibuktikan anak yang mencapai kriteria tuntas atau
Berkembang Sangat Baik (BSB) pada Pra Siklus sejumlah 5 anak atau sebesar 28%
, pada Siklus I Pertemuan Ke-1 sejumlah 8 anak atau sebesar 44% , pada Siklus I
Pertemuan Ke-2 sejumlah 12 anak atau sebesar 67% , pada Siklus II Pertemuan Ke-
1 sejumlah 14 anak atau sebesar 78% , pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sejumlah 16
anak atau sebesar 89%. Indikator keberhasilan dalam PTK ini adalah keberhasilan
anak secara klasikal sebesar 85% sehingga PTK dinyatakan berhasil pada siklus II.
2) Kinerja Guru pada siklus I pertemuan 1, diperoleh hasil kinerja pendidik dengan
pencapaian 64%, pada siklus I pertemuan 2 diperoleh pencapaian 76%, pencapaian
pada siklus II pertemuan 1 sebesar 86%, dan pencapaian pada siklus II pertemuan
2 sebesar 88%. Indikator keberhasilan pendidik berada pada persentase 80%,
sehingga dari hasil perolehan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Guru telah
mencapai atau memenuhi indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Pengenalan, Keaksaraan Awal, Permainan, Ular Tangga.
104/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain