Text
Skripsi : UPAYA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DI KBT MUSLIMAT NU BAE KUDUS TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Siti Rohmah, 2022. Upaya Pengembangan Kemampuan Sosial Emosional
Anak Melalui Permainan Tradisional Congklak Di KBT Muslimat NU Bae
Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Prodi PG PAUD, Jurusan PG PAUD.
Fakultas IImu Pendidikan. Semarang, Tahun 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengembangan
kemampuan sosial emosional pada usia 4-5 tahun dengan bermain menggunakan
media alat tradisional cangklok di KBT Muslimat NU Bae Kudus Tahun Ajaran
2021/2022.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan 2 siklus yang meliputi
kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan untuk
mengetahui kemampuan, peneliti menggunakan lembar observasi untuk melihat
tingkat keberhasilan yang dilakukan anak di kelompok usia TK A 4-5 tahun di
KBT Muslimat NU Bae Kudus yang berjumlah sebanyak 14 anak.
Hasil penelitian : Hasil yang ditemukan setelah melaksanakan penelitian
adalah dimulai dari Pra Siklus dimana anak mulai ada peningkatan dengan nilai
belum berkembang mencapai nilai 20% (BB), peningkatan nilai mulai
berkembang 40% (MB) dan peningkatan nilai berkembang sesuai harapan 40%
(BSH). Di Siklus I anak mencapai 70% dengan nilai mulai berkembang (MB) dan
30% dengan nilai berkembang sesuai harapan (BSH), dan di Siklus ke 2 anak
mencapai nilai 40% dengan kriteria mulai berkembang (MB), peningkatan nilai
berkembang sesuai harapan (BSH) 20% dan peningkatan berkembang sangat baik
(BSB) 40% .
Kesimpulan dari peneliti ini adanya peningkatan perkembangan sosial
emosional melalui permainan tradisional congklak di KBT Muslimat NU Bae
Kudus Tahun Ajaran 2021/2022.
107/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain