Text
Skripsi : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KBIT BINTANG BELIA KEC BAE KAB KUDUS T.P 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Ani Umroh ,2620230622. Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui
Media Kartu Huruf Bergambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di KBIT
Bintang Belia Kec Bae Kab Kudus T.P 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan
Guru Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan . Universitas Ivet.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan
kemampuan kognitif melalui media kartu huruf bergambar di KBIT Bintang Belia
kec Bae kab Kudus. Kemampuan kognitif menggunakan media kartu huruf
bergambar yang bervariasi dan menarik sehingga mampu memotivasi minat anak.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action
research) secara kolaboratif. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu:
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
kelompok usia 5-6 tahun di KBIT Bintang Belia kec Bae kab Kudus yang
berjumlah 17 anak.
Objek penelitian adalah kemampuan kognitif anak melalui media kartu
huruf bergambar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
dokumentasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam observasi berupa
lembar penelitian, untuk dokumentasi menggunakan kamera foto untuk
mendokumentasikan segala aktivitas anak selama kegiatan dan wawancara
menggunakan pedoman wawancara dengan guru kelompok usia 5-6 tahun untuk
mengetahui kondisi dan permasalahan yang dihadapi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan kognitif anak
berkembang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan awal kognitif anak,
dari 17 anak yang ada di kelompok usia 5-6 tahun , yang memberi hasil belum
berkembang (BB) ada 3 anak yaitu 17.7%, mulai berkembang (MB) ada 13 anak
yaitu 76,4%, berkembang sesuai harapan (BSH) ada 1 anak yaitu 5.8%, dan
berkembang sangat baik (BSB) tidak ada atau 0%. Dari pertemuan siklus I dari 17
anak yang memberikan hasil Belum Berkembang (BB) ada 0 anak yaitu 0%,
Mulai Berkembang (MB) ada 1 anak yaitu 5.8%, Berkembang Sesuai Harapan
(BSH) ada 7 anak yaitu 41.1%, Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 9 anak yaitu
52.9%. Sedangkan pada siklus II peserta didik yang menunjukan hasil Belum
Berkembang (BB) ada 0 anak yaitu 0% , Mulai Berkembang (MB) ada 0 anak
yaitu 0%, dan Berkembang Sesuai Harapan(BSH) ada 1 anak 5.8% dan
Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 16 anak yaitu 94.1%.
Kata Kunci = Media Kartu huruf Bergambar, Kemampuan Kognitif
108/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain