Text
Skripsi : MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI METODE BERMAIN KINCIR ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B ( 5-6 TAHUN ) DI TK PERTIWI SUMBEREJO KECAMATAN RANDUBLATUNG KABUPATEN BLORA - CD Skripsi
ABSTRAK
Erna Oktavia Maysaroh, NPM. 2620130277. “Peningkatan Kemampuan
Mengenal Lambang Bilangan Melalui Metode Bermain Kincir Angka Pada Anak
Kelompok B ( 5-6 Tahun ) Di TK Pertiwi Sumberejo Kecamatan Randublatung
Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2021/2022”. S1 PG PAUD. Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet Semarang. 60 Halaman.
Tujuan dari penelitian ini tidak terlepas dari permasalahan yang ada yaitu
mediskripsikan upaya peningkatan kemampuan berhitung permulaan melalui
permainan lempar tutup botol pada anak di Meningkatkan Kreativitas Seni Dalam
Kegiatan Mencetak Dari Bahan Tanah Liat Di Kelompok B TK Pertiwi
Sumberejo Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2021/2022.
Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research) yang dilakukan secara kolaborasi antara guru dengan peneliti
dengan menggunakan 2 siklus. Perbaikan dilakukan pada setiap siklus yang
dirancang peneliti. Populasi dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B TK
Pertiwi Sumberejo yang berjumlah 24 anak. Peneliti dibantu mitra guru sebagai
kolabolator. Data diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data
yang telah terkumpul akan dianalisis menggunakan teknik deskriptif, kualitatif
dan kuantitatif dengan persentase dan dihitung jumlah skor masing-masing dan
didistribusikan ke dalam rentang nilai.
Penerapan melalui bermain kincir angka dibuktikan dengan hasil prosentase
rata- rata meningkat menjadi 78% dari hasil sebelum pra siklus yang hanya
mencapai 43%, dengan pencapaian prosentase ketuntasan klasikal semakin
meningkat menjadi 10%. Selanjutnya dilaksanakan kembali kegiatan perbaikan
pembelajaran pada siklus II, diperoleh hasil prosentase rata-rata hasil evaluasi
belajar anak semakin meningkat menjadi 88% dari siklus I yang hanya mencapai
78%, dengan pencapaian prosentase ketuntasan klasikal semakin meningkat
menjadi 10%. Dengan demikian dapat diketahui sejauh mana peningkatan
kemampuan berhitung permulaan banyaknya benda pada anak yang telah dicapai
setelah distimulasi dengan bermain kincir angka.
Kata kunci : mengenal lambang bilangan, bermain kincir angka
113/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain