Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BERCERITA DENGAN WAYANG MAGNET DI TK A USIA 3-4 TAHUN MEKARSARI 02 DESA KARANGSONO KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2021/ 2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Nur Faida, Siti, 2022, “Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Dengan Menggunakan
Teknik Bercerita Dengan Wayang Magnet Di TK A Usia 3- 4 Tahun
Mekarsari 02 Desa Karangsono Kecamatan Mranggen Kabupaten
Demak Tahun Ajaran 2021/ 2022”. Pendidikan Guru Paud, Sarjana.
Universitas Ivet Semarang.
Kata kunci: anak usia dini, bahasa anak, bercerita dengan wayang magnet.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah di lembaga TK
Mekarsari 02 ini kebijakan dan aturan yang tertuang dalam visi misi sekolah untuk
peningkatan perkembangan anak-anak didik. Guru-guru secara maksimal telah
menggali dan merangsang perkembangan anak-anak dengan penuh tanggung jawab.
Akan tetapi ada hal yang masih diperlukan kerja keras dalam peningkatan
kemampuan diri anak-anak. Salah satunya yaitu perkembangan bahasa anak-anak
yang masih jauh dari harapan guru selama ini. Kemampuan anak-anak terutama
dalam bahasa dan bercerita masih rendah, sehingga ini menjadi perhatian serius dari
guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak dengan
menggunakan teknik bercerita dengan wayang magnet di TK Mekarsari 02 Desa
Karangsono Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2021/ 2022.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap selama dua
minggu yang dimulai pada tanggal. Subyek penelitian adalah anak- anak kelompok
A yang berjumlah 16 peserta didik. Prosedur penelitian menggunakan penelitian
tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu 1)
perencanaan tindakan 2) pelaksanaan tindakan 3) pengamatan/ observasi 4) refleksi,
setiap siklus dilaksanakan 1 kali pertemuan.
Hasil penelitian adalah kemampuan bahasa dapat ditingkatkan melalui teknik
bercerita dengan wayang magnet. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah
anak- anak yang mempunyai kemampuan bahasa yang sesuai dalam setiap kali
pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II. Pada awal tindakan terdapat 5 atau
45,5% peserta didik dalam kategori berkembang sangat baik, akhir tindakan 11 anak
atau 80% dalam kategori berkembang sangat. Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan dapat ditarik simpulan bahwa peningkatan bahasa anak kelompok A di
TK Mekarsari 02 Tahun Ajaran 2021/ 2022 dapat ditingkatkan dengan menggunakan
teknik bercerita dengan wayang magnet di TK Mekarsari 02 Mranggen Demak
Tahun Ajaran 2021/2022.
Berdasarkan pembahasan dan simpulan, disarankan 1) bagi guru 2)
bagipeserta didik dan 3)bagi sekolah.
114/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain