Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL WARNA MELALUI KEGIATAN PERMAINAN PASIR WARNA PADA KELOMPOK A DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL GUNEM KECAMATAN GUNEM KABUPATEN REMBANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Hajar Nur Fadhilah.NPM.B2618110252. Peningkatan Kemampuan Kognitif
Dalam Mengenal Warna Melalui Kegiatan Permainan Pasir Warna Pada
Kelompok A Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Gunem Kecamatan Gunem
Kabupaten Rembang. Skripsi. PG-PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas IVET Semarang. 2022.
Permasalahan yang terjadi pada anak mengenai kemampuan kognitif anak
dalam mengenal warna dan pencampuran dua warna. Tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal warna pada kelompok
A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Gunem Kecamatan Gunem Kabupaten
Rembang. Manfaat penelitian ini memberikan gambaran tentang peningkatan
kemampuan kogitif dalam mengenal warna pada kelompok A di TK Aisyiyah
Bustanul Athfal Gunem.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan
dilaksanakan dalam 2 siklus tiap siklus dilaksanakan dalam empat tahap yaitu
tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek
dalam penelitian ini adalah pada kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal
Gunem Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang dengan jumlah 24 anak yang
terdiri atas 10 anak laki-laki dan 14 anak perempuan yang memiliki
kecenderungan kemampuan kognitif dalam mengenal warna dan pencampuran
dua warna, untuk kemudian diberi kegiatan permainan pasir warna dalam rangka
meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal warna.
Dari penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: Peningkatan pada
kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna dan pencampuran dua warna
melalui kegiatan permainan pasir warna. Pada siklus I mengalami peningkatan
dengan memperoleh yaitu 4 anak dengan nilai 16.67%. Kemudian dilanjutkan
pada siklus II terdapat peningkatan yang memenuhi target yang diharapkan yaitu
20 anak mencapai skor 83,34%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
penerapan penggunaan permainan pasir warna dapat meningkatkan kemampuan
kognitif anak dalam mengenal warna dan pencampuran dua warna pada kelompok
A Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Gunem Kecamatan Gunem Kabupaten
Rembang. Harapannya guru kelas memahami dan mampu mengaplikasikan
kegiatan permainan pasir warna dalam kegiatan pembelajaran, khususnya dalam
rangka meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal warna pada anak
kelompok A Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Gunem Kecamatan Gunem
Kabupaten Rembang.
Kata Kunci: Permainan, warna, pasir warna
118/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain