Text
Skripsi : PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI BERMAIN PERAN SEBAGAI PENJUAL DAN PEMBELI SAYURAN PADA ANAK KELOMPOK B TK PUTRA BHAKTI DESA RONGGOMULYO KECAMATAN SUMBER KABUPATEN REMBANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Riza Azizatul Maghfiroh (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui
Bermain Peran Sebagai Penjual Dan Pembeli Sayuran Pada Anak Kelompok B
TK Putra Bhakti Desa Ronggomulyo Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang.
Skripsi. PG-PAUD. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas IVET.
73 halaman.
Permendikbud nomor 137 tahun 2014 tentang standar PAUD, bahwa
program perkembangan anak terdiri dari nilai agama dan moral, fisik motorik,
kognitif, sosial emosional, bahasa, dan seni. Sesuai dengan permendikbud nomor
137 tahun 2014 bahwa perkembangan anak salah satunya yaitu mencakup aspek
bahasa yaitu salah satunya keterampilan berbicara. Menurut Kurnia (2019:4)
keterampilan berbicara adalah kemampuan untuk mengekspresikan, menyatakan,
serta menyampaikan ide, pikiran, gagasan atau isi hati kepada orang lain
menggunakan bahasa lisan yang dapat dipahami oleh orang lain. Namun
kenyataanya pada pengamatan saat pembelajaran, keterampilan berbicara anak
masih rendah. Terlihat saat anak-anak disuruh bercerita di depan kelas anak
mengalami kesusahan karena anak maju ke depan anak diam terlebih dahulu,
kurang percaya diri dan belum berani dalam hal mengungkapkan idenya dalam hal
berbicara dan kurang adanya keterampilan berbicara pada diri anak. Selain itu
minimnya kosa kata bahasa yang anak miliki. Oleh karena itu perlu adanya
metode yang sangat menarik menarik dalam hal pembelajaran untuk
meningkatkan keterampilan berbicara. Pada penelitian ini menggunakan metode
dengan bermain peran sebagai penjual dan pembeli sayuran.
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
keterampilan berbicara dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan
keterampilan berbicara melalui bermain peran sebagai penjual dan pembeli
sayuran pada anak kelompok B TK Putra Bhakti.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan
dilaksanakan dalam dua siklus. Tindakan dalam siklus I dan siklus II terdiri dari
tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah 11 anak kelompok B di TK Putra Bhakti. Adapun teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas dilakukan dengan
analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan
berbicara melalui bermain peran sebagai penjual dan pembeli sayuran pada anak
kelompok B TK Putra Bhakti. Hal ini dibuktikan dengan adanya kenaikan di
setiap siklusnya. Pada kondisi sebelum tindakan atau pra siklus menghasilkan
nilai rata-rata 32.43%. Dalam siklus I meningkat menjadi 56.80%. Kemudian
dilakukan tindakan pada siklus II meningkat lagi menjadi 83.33%.
Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Bermain Peran, penjual dan pembeli
sayuran
120/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain