Text
Skripsi : IMPLEMENTASI KEGIATAN BERMAIN LEGO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 3 – 4 TAHUN DI TPA AISYIYAH KECAMATAN PAMOTAN KABUPATEN REMBANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Netty Hasniarti (2022), Implementasi Kegiatan Bermain Lego Untuk
Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia 3 – 4 Tahun di TPA
Aisyiyah Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang, Skripsi, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, 50 + xxxii halaman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kegiatan bermain
lego dalam upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 3 – 4 tahun.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode
penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitiannya 10 anak berusia 3 – 4
tahun di TPA Aisyiyah Pamotan.Pelaksanaan Penelitian terdiri dari dua siklus
dengan dua kali pertemuan setiap siklus.
Hasil penelitian ini adalah kegiatan bermain lego dapat meningkatkan
kemampuan motorik halus anak. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil
kegiatan belajar. Kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan bermain lego
pada pra siklus memiliki tingkat ketuntasan dalam kelas yang sangat rendah, yaitu
sebesar 10%. Pada pelaksanaan Siklus I Pertemuan 1, tingkat ketuntasan dalam
kelas meningkat menjadi 20%, kemudian meningkat lagi secara signifikan pada
Siklus I Pertemuan 2 menjadi sebesar 50%. Selanjutnya pada Siklus II pertemuan
1, tingkat kemampuan dalam kelas kembali meningkat sebesar 10% menjadi 60%
dan kembali mengalami peningkatan pada Siklus II Pertemuan 2 menjadi 80%
dengan kriteria BAIK.
Kata Kunci : Motorik Halus, Lego, Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
deskriptif kuantitatif
121/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain