Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KELUARGA DESA KARANGANYAR KECAMATAN KRAGAN KABUPATEN REMBANG - CD Skripsi
ABSTRAK
NUR CHOLISOH.NPM.2620120172 “Peningkatan Kemampuan Berbicara
Melalui Media Buku Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok A Di TK
Keluarga Desa Karanganyar Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang” . Prodi
PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas IVET Semarang
Tahun Akademik 2021/2022
Untuk dapat memahami proses belajar yang terjadi pada diri anak, maka guru
perlu menguasai hakikat dan konsep belajar. Salah satu kemampuan yang harus
dikuasai oleh guru adalah mengembangkan diri secara profesional. Ini berarti guru
tidak hanya dituntut menguasai materi atau menyajikannya secara tepat, tetapi juga
dituntut mampu melihat dan menilai kinerjanya. Salah satu kemampuan yang dapat
ditunjukkan adalah dengan melakukan Penulisan Tindakan Kelas (PTK).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan
kemampuan berbicara pada anak TK Keluarga Desa Karanganyar Kecamatan Kragan
Kabupaten Rembang setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan media
buku cerita bergambar.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (Classroom
Action Reseach) yang mana dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian dilaksanakan di
TK Darussalam Desa Karangharjo Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang. Subyek
penelitian adalah anak usia 4-5 tahun dengan jumlah anak 15 yang terdiri dari 7 putra
dan 8 putri. Data dalam penelitian ini adalah data tentang peningkatan kemampuan
berbicara anak melalui media Buku Cerita Bergambar. Analisis data dilakukan
dengan mengolah data hasil tes dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Peningkatan kemampuan berbicara anak melalui media buku cerita
bergambar pada anak TK Keluarga Desa Karanganyar Kecamatan Kragan Kabupaten
Rembang tahun pelajaran 2021/2022 dapat dilihat dari perbandingan hasil observasi
yang telah dilakukan pada pra siklus mencapai 40% atau sebanyak 6 anak yang
tuntas, siklus I sudah meningkat yaitu 67% atau sebanyak 10 anak yang tuntas dan
siklus II yaitu 93 % atau 14 anak yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa penerapan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan
berbicara anak TK Keluarga Desa Karanganyar Kecamatan Kragan Kabupaten
Rembang Tahun Pelajaran 2021/2022
Oleh karena itu disarankan bagi guru supaya menggunakan media yang sesuai
dan diminati oleh anak sebagaimana media buku cerita bergambar dan dapat
menciptakan suasana yang menyenangkan di waktu memberikan pembelajaran pada
anak.
Kata Kunci : Kemampuan Berbicara, Media Buku Cerita Bergambar
125/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain