Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOSAKATA MELALUI METODE TANYA JAWAB MENGGUNAKAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB DARUSSALAM BRAU DESA LODANKULON KECAMATAN SARANG KABUPATEN REMBANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Al Apngidah, NPM. 2620120168. Peningkatan Kemampuan Kosakata Melalui
Metode Tanya Jawab Menggunakan Kartu Bergambar Pada Anak usia 3-4
Tahun di KB Darussalam Brau Desa Lodankulon Kecamatan Sarang Kabupaten
Rembang. Jurusan PG - PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas IVET. Semarang. 2022.
Kurangnya kemampuan kosakata pada anak usia dini di KB Darussalam
Brau, apalagi disaat masih pandemic seperti sekarang ini dengan pembelajaran
tatap muka terbatas. Hal ini disebabkan pemilihan bahan ajar yang kurang tepat
disekolah dan monoton, apalagi di masa pandemi saat ini dimana pembelajaran
dilakukan secara tatap muka terbatas sehingga waktu dalam belajar juga sedikit.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kosakata pada anak
usia 3-4 tahun melalui metode Tanya jawab dengan menggunakan media kartu
bergambar. Manfaat penelitian ini semoga melalui metode Tanya jawab dengan
menggunakan media kartu bergambar dapat meningkatkan kemempuan
kosakata anak.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari
dua siklus yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah 17 anak usia 3-4 tahun di KB Darussalam Brau.
Instrument penelitian ini menggunakan teks wawancara, lembar observasi
kegiatan anak dan dokumentasi
Dari penelitian ini diperoleh hasil pada pra siklus yang menunjukkan
prosentase sebesar 36%, kemudian pada siklus I menjadi 59% dan pada siklus
ke II menjadi 85% dari kesimpulan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa
adanya peningkatan dalam kemampuan kosakata pada anak usia 3-4 tahun di
KB Darussalam Brau Desa Lodankulon Kecamatan Sarang Kabupaten
Rembang. Berdasarkan simpulan tersebut saran yang dapat diberikan adalah
guru dapat menggunakan metode Tanya jawab dengan menggunakan media
kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan kosakata pada anak selama
pembelajaran di sekolah.
Kata Kunci : kosakata, Tanya jawab menggunakan kartu bergambar.
127/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain