Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PENDEKATAN EKPLORASI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK CITA BANGSA BALONGMULYO KECAMATAN KRAGAN KABUPATEN REMBANG - CD Skripsi
ABSTRAK
SUSRI IDAYANTI.NPM.2620120173 Peningkatan Kemampuan Mengenal
Bentuk Geometri Melalui Pendekatan Eksplorasi Pada Anak Kelompok A Di
TK Cita Bangsa Balongmulyo Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang
.Skripsi. PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas IVET. Halaman 90
Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan mengenal bentuk geometri melalui pendekatan eksplorasi pada anak Kelompok A di TK Cita Bangsa Balongmulyo, Kragan, Rembng. Bentuk
geometri yang dikenalkan adalah segi empat, segitiga, dan lingkaran.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.
Subjek penelitian sebanyak 9 anak, yang terdiri 6 laki-laki dan 3 perempuan.
Objek penelitian adalah kemampuan mengenal bentuk geometri melalui
pendekatan eksplorasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
dokumentasi, dan tes lisan. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi
check list, dokumentasi (LKA), dan panduan tes lisan. Teknik analisis data
menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Indikator
keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika persentase kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak telah mencapai 81% dengan kriteria sangat
baik.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara bertahap pada
kemampuan mengenal bentuk geometri dengan pendekatan eksplorasi.
Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri terlihat dari indikator
kemampuan mengetahui, memahami, dan menerapkan bentuk geometri dalam
kehidupan sehari-hari. Peningkatan kemampuan anak dalam mengenal bentuk
geometri melalui pendekatan eksplorasi dalam pelaksanaan Pratindakan pada
indikator kemampuan mengetahui 41,11%, dan pada Siklus II meningkat
menjadi 88,33%, kemampuan memahami pada pelaksanaan Pratindakan 30%,
Siklus II meningkat menjadi 86,66%, sedangkan kemampuan
menerapkan bentuk geometri dalam kehidupan sehari-hari Pratindakan 50,62%,
Siklus II meningkat menjadi 85,36%. Langkah-langkah yang dapat
meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri adalah mengucapkan
bentuk geometri, memberi nama bentuk geometri memberikan contoh bentuk
suatu benda yang sama dengan bentuk geometri, mendeskripsikan masing- masing bentuk geometri, menggambar bentuk geometri, menyusun beberapa
bentuk geometri menjadi suatu benda serta bercerita mengenai benda yang
dibuatnya dari beberapa susunan bentuk geometri.
Kata Kunci: kemampuan mengenal bentuk geometri, eksplorasi, anak
kelompok A
128/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain