Text
Skripsi : PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI KEGIATAN MERONCE DENGAN MEDIA KERTAS ORIGAMI PADA ANAK KELOMPOK B TK KUNCUP HARAPAN DESA PLAWANGAN KECAMATAN KRAGAN KABUPATEN REMBANG - CD Skripsi
ABSTRAKSI
Nur Kholisoh, 2022 : Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri
Melalui Kegiatan Meronce Dengan Media Kertas Origami
Pada Anak Kelompok B TK Kuncup Harapan Plawangan
Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang
Dosen Pembimbing : (1) Luluk Eliyana, M.Pd (2) Ratno, M.Pd
Kata Kunci : Mengenal Bentuk Geometri, Meronce, Media Kertas
origami
Kegiatan mengenal bentuk geometri sering dilakukan anak dalam
kehidupan sehari-harinya. Analisa hasil belajar anak adalah belum memahami
bentuk geometri karena kurangnya media pembelajaran. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok
B TK Kuncup Harapan Plawangan pada kondisi awal masih rendah, maka msalah
tersebut diselesaikan dengan kegiatan meronce menggunakan kertas origami.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan
kemampuan mengenal bentuk geometri melalui kegiatan meronce dengan media
kertas origami pada anak Kelompok B TK Kuncup Harapan Plawangan
Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang .
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan
mengenal bentuk geometri melalui kegiatan meronce dengan media kertas origami
pada anak Kelompok B Tk Kuncup Harapan Plawangan Kecamatan Kragan
Kabupaten Rembang
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas
(Classroom Action Reseach) yang mana dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian
dilaksanakan di Kelompok B TK Kuncup Harapan Desa Plawangan Kecamatan
Kragan Kabupaten Rembang. Subyek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun
dengan jumlah anak 15 yang terdiri dari 10 putri dan 5 putra. Data dalam
penelitian ini adalah data tentang peningkatan kemampuan mengenal geometri
anak melalui media balok warna. Analisis data dilakukan dengan mengolah data
hasil tes dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri anak melalui kegiatan
meronce dengan media kertas origami pada anak Kelompok B TK Kuncup
Harapan Desa Plawangan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang tahun
pelajaran 2017/2018 dapat dilihat dari perbandingan hasil observasi yang telah
dilakukan pada pra siklus mencapai 40% atau sebanyak 6 anak yang tuntas, siklus
I sudah meningkat yaitu 67% atau sebanyak 10 anak yang tuntas dan siklus II
yaitu 93 % atau 14 anak yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penerapan media kertas origami melalui kegiatan meronce dapat meningkatkan
kemampuan mengenal bentuk geometri anak Kelompok B TK Kuncup Harapan
Desa Plawangan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang.
130/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain