Text
Skripsi : PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGAMBAR BEBAS MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN MEDIA ARANG PADA PESERTA DIDIK USIA 3-4 TAHUN DI KB DAHLIA DESA SABAN KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN - CD Skripsi
ABSTRAK
Siti Ulfatun Nikmah, 2620230744, “Peningkatan Kreativitas Menggambar Bebas
melalui Metode Pemberian Tugas dengan Media Arang pada Peserta Didik
Usia 3-4 Tahun di KB Dahlia Desa Saban Kecamatan Gubug Kabupaten
Grobogan”, Skripsi, Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, 2022, 69 halaman.
Latar belakang penelitian ini adalah kreativitas menggambar bebas pada
Anak KB Dahlia Desa Saban masih belum maksimal, sehingga untuk
meningkatkan kreativitas menggambar bebas tersebut, peneliti bekerjasama
dengan guru kelas lain sebagai kolaborator melakukan penelitian tindakan kelas
dengan menerapkan metode pemberian tugas melalui media arang.
Tujuan penelitian adalah mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan
kreativitas menggambar bebas melalui metode pemberian tugas dengan media
arang pada peserta didik usia 3-4 tahun di KB Dahlia Desa Saban Kecamatan
Gubug Kabupaten Grobogan.
Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 (dua) siklus,
setiap siklus terdiri dari 2 (dua) pertemuan dengan tahapan: perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun
di KB Dahlia Desa Saban yang berjumlah 18 anak. Teknik pengambilan data yang
digunakan adalah dokumentasi dan observasi, sedangkan analisis data digunakan
analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian: Penerapan metode pemberian tugas dengan media arang
efektif dapat meningkatkan keaktifan dalam peningkatan kreativitas menggambar
bebas pada anak, hal ini didukung perolehan skor pada akhir siklus II sebesar 17
atau 94,44% termasuk kriteria berkembang sangat baik, sedang indikator
keberhasilan 75% untuk perolehan skor secara individu dan 85% untuk skor
perolehan secara klasikal sebagai kinerja guru, sehingga hipotesis kerja: ”Melalui
metode pemberian tugas dengan media arang dapat meningkatkan kreativitas
menggambar bebas bagi peserta didik usia 3-4 tahun di KB Dahlia Desa Saban
Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan pada semester genap tahun ajaran
2021/2022” dinyatakan diterima atau terbukti. Hal tersebut dibuktikan dengan
adanya peningkatan kreativitas menggambar bebas pada anak sebesar 6,94%,
dilihat dari tindakan pada siklus I angka terbesar 86,12% dengan kriteria
berkembang sesuai harapan pada siklus I menjadi sebesar 93,06% pada kriteria
berkembang sangat baik pada siklus II. Sedangkan keaktifan anak mengalami
peningkatan sebesar 11,11%, karena pada pra siklus diperoleh angka 83,33%
dengan kriteria belum berkembang menjadi 94,44% dengan kriteria berkembang
sangat baik pada pasca siklus.
Kata kunci: menggambar bebas, pemberian tugas, arang.
132/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain