Text
Skripsi : UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN POHON ANGKA DI POS PAUD NUSA BANGSA KECAMATAN GUBUG TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Nur Anisah. 2620230738. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan
Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun Melalui Permainan Pohon Angka di POS PAUD
Nusa Bangsa Kecamatan Gubug Tahun Ajaran 2021/2022. Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Ivet. 63 halaman.
Tujuan penelitian ini adalah: 1). untuk mendeskripsikan pemahaman konsep
bilangan pada anak di POS PAUD Nusa Bangsa Desa Kunjeng Kecamatan Gubug.
2). untuk mendeskripsikan penggunaan media pohon angka dalam meningkatkan
pemahaman konsep bilangan pada anak di POS PAUD Nusa Bangsa Desa Kunjeng
Kecamatan Gubug, dan 3). untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman
konsep bilangan pada anak di POS PAUD Nusa Bangsa Desa Kunjeng Kecamatan
Gubug melalui penggunaan media pohon angka.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang
dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 3 kali
pertemuan. Subyek penelitian ini adalah anak usia 4-5 Tahun POS PAUD Nusa
Bangsa Desa Kunjeng Kecamatan yang berjumlah 20 anak. Obyek yang diteliti
adalah pemahaman konsep bilangan melalui permainan pohon angka. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan media pohon
angka di POS PAUD Nusa Bangsa Desa Kunjeng Kecamatan Gubug maka
pemahaman konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun meningkat. Hasil analisis
diketahui bahwa anak yang mencapai kriteria tuntas atau Berkembang Sangat Baik
(BSB) pada Pra Siklus sejumlah 3 anak atau sebesar 15% , pada Siklus I Pertemuan
Ke-1 sejumlah 5 anak atau sebesar 25% , pada Siklus I Pertemuan Ke-2 sejumlah 6
anak atau sebesar 30% , pada Siklus I Pertemuan Ke-3 sejumlah 11 anak atau
sebesar 55% , pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sejumlah 13 anak atau sebesar 65% ,
pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sejumlah 16 anak atau sebesar 80% , dan pada
Siklus II Pertemuan Ke-3 sejumlah 18 anak atau sebesar 90%. Hasil analisis
keaktifan siswa juga sudah menunjukkan anak aktif dalam membilang atau
menyebut 1-10, anak aktif dalam anak membilang atau menyebut 1-10 secara urut,
anak aktif dalam membilang dengan menunjukkan benda-benda, anak aktif dalam
membilang atau menyebut bilangan dengan lambang bilangan, dan anak aktif
dalam menulis lambang bilangan 1-10.
Kata Kunci: konsep bilangan, anak 4-5 tahun, permainan pohon angka
135/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain