Text
Skripsi : PENINGKATAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 2-3 TAHUN MELALUI PERMAINAN "TOSS GAMES" DI KB RUMAH HOMEY KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Desylia Untung Kurniawati. 2620230629. Peningkatan Motorik Kasar Anak
Usia 2-3 Tahun Melalui Permainan "Toss Games" Di KB Rumah Homey
Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2021/2022. Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Ivet. 69 halaman.
Kemampuan motorik kasar pada anak usia 2-3 tahun di KB Rumah Homey
merupakan masalah yang mendesak dan harus segera dicari alternatif
pemecahannya. Untuk memecahan masalah dan emperbaiki kualitas
pembelajaran, maka peneliti menggunakan langkah atau metode untuk
mengembangkan kemampuan motorik kasar anak menggunakan metode bermain
menggunakan permainan ”Toss Games”.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik
kasar menggunakan metode bermain menggunakan permainan ”Toss Games”
pada anak usia 2-3 tahun di KB Rumah Homey Kabupaten Grobogan.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan 2 (dua) siklus, setiap siklus
meliputi 3 (tiga) jenis kegiatan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak di KB Rumah Homey Kab
Grobogan yang berjumlah 8 anak. Teknik pengambilan data yang digunakan
adalah dokumentasi dan observasi, analisis data yang digunakan adalah deskriptif
persentase.
Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan di dalam kelas,
karena itu peneliti menganalisis dengan metode penelitian tindakan kelas.
Pengertian penelitian tindakan kelas (PTK) adalah suatu penelitian yang
melakukan tindakan dengan cermat terhadap kegiatan belajar berupa sebuah
tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara
bersama.
Tingkat kemampuan motorik kasar anak KB Rumah Homey Kabupaten
Grobogan pada kegiatan sebelum tindakan sebesar 16,7% dengan kategori
kurang. Kemudian melalui tindakan pada Siklus I Pertemuan Ke-1 sebesar 20,8%
dengan kategori kurang, pada Siklus I Pertemuan Ke-2 sebesar 37,5 % dengan
kategori kurang, pada Siklus I Pertemuan Ke-3 sebesar 50 % dengan kategori
kurang, pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sebesar 66,7 % dengan kategori sedang ,
pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sebesar 75 % dengan kategori sedang, dan pada
Siklus II Pertemuan Ke-3 91, 7 % dengan kategori baik sekali.
Kata Kunci: Motorik Kasar, Permainan Ketangkasan, “ Toss Games”.
142/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain