Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF MELALUI METODE BERMAIN PERAN DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA PESERTA DIDIK USIA 3-4 TAHUN DI TK DHARMA WANITA DESA SELOJARI KECAMATAN KLAMBU KABUPATEN GROBOGAN - CD Skripsi
ABSTRAK
Siti Puji Hartati, 2620230709, “Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif
melalui Metode Bermain Peran dengan Media Boneka Tangan pada Peserta
Didik Usia 3-4 Tahun di TK Dharma Wanita Desa Selojari Kecamatan Klambu
Kabupaten Grobogan”, Skripsi, Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, 2022, 72 halaman.
Latar belakang penelitian ini adalah masih ada sebagian anak TK Dharma
Wanita Selojari yang kemampuan bahasa ekspresifnya termasuk kategori kurang
atau belum maksimal, sehingga peneliti bekerjasama dengan guru lain sebagai
kolaborator melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode
bermain peran dengan media boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan
bahasa ekspresif anak.
Tujuan penelitian adalah mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan
kemampuan bahasa ekspresif melalui metode bermain peran dengan boneka
tangan pada peserta didik usia 3-4 tahun di TK Dharma Wanita Desa Selojari
Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan.
Penelitian tindaan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 (dua) siklus, setiap
siklus terdiri 2 (dua) kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di TK
Dharma Wanita Selojari yang berjumlah 18 anak, guru sebagai observer dan guru
lain sebagai kolaborator. Data diperoleh dengan dokumentasi dan observasi,
adapun analisis data digunakan analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa kemampuan bahasa ekspresif
pada peserta didik usia 3-4 tahun di TK Dharma Wanita Selojari dapat
ditingkatkan dengan penerapan metode bermain peran melalui media boneka
tangan. Tindakan dilakukan hingga siklus II yang memberikan hasil skor rata-rata
sebesar 16 atau 88,89% dengan kriteria berkembang sangat baik, sedangkan
indikator keberhasilan ditetapkan 75% untuk perolehan skor anak secara individu
dan 85% secara klasikal, maka dapat dibuat persamaan matematika: 75% <
8,89% > 85%, sehingga hipotesis tindakan: “Melalui metode bermain peran
dengan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan bahasa eksresif
bagi peserta didik usia 3-4 tahun di TK Dharma Wanita Desa Selojari Kecamatan
Klambu Kabupaten Grobogan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022”
dinyatakan diterima.
Kata Kunci: bahasa ekspresif, bermain peran, boneka tangan.
148/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain