Text
Skripsi : PENINGKATAN KERJASAMA DENGAN METODE BERMAIN KERETA API MELALUI MEDIA BALOK PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI TPA TAMAN PELANGI KELURAHAN KALONGAN KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN - CD Skripsi
ABSTRAK
Rahayu Ida Mekar Sari, 2620230703, “Peningkatan Kerjasama dengan Metode
Bermain Kereta Api melalui Media Balok pada Anak Usia 3-4 Tahun di TPA
Taman Pelangi Kelurahan Kalongan Kecamatan Purwodadi Kabupaten
Grobogan”, Skripsi, Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, 2022, 70 halaman.
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan bekerjasama pada anak
TPA Taman Pelangi Kalongan masih sangat kurang, sehingga untuk
meningkatkan kemampuan kerjasama tersebut, peneliti bekerjasama dengan guru
kelas lain melakukan tindakan kelas dengan menerapkan metode bermain kereta
api melalui media balok.
Tujuan penelitian adalah mengetahui dan mendeskripsikan peningakatan
kerjasama dengan penggunaan metode bermain kereta api melalui media balok
pada anak usia 3-4 tahun di TPA Taman Pelangi Kelurahan Kalongan Kecamatan
Purwodadi Kabupaten Grobogan.
Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 (dua) siklus,
setiap siklus terdiri atas 2 (dua) kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun
di TPA Taman Pelangi Kalongan yang berjumlah 18 anak. Teknik pengambilan
data yang digunakan adalah dokumentasi dan observasi, sedangkan analisis data
digunakan analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian: Penerapan metode bermain kereta api melalui media
balok efektif dapat meningkatkan kemampuan kerjasama pada anak usia 3-4
tahun TPA Taman Pelangi Kelurahan Kalongan setelah dilakukan tindakan hingga
siklus II yang memberikan hasil skor rata-rata sebesar 16,25 atau 90,27% dengan
kriteria berkembang sangat baik, sedangkan indikator keberhasilan ditetapkan
75% untuk perolehan skor anak secara individu dan 85% secara klasikal, maka
dapat dibuat persamaan: 75% < 90,27% > 85% sehingga hipotesis tindakan:
“Melalui penerapan metode bermain kereta api dengan media balok dapat
meningkatkan kerjasama pada anak usia 3-4 tahun TPA Taman Pelangi Kelurahan
Kalongan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan, khususnya semester
genap tahun ajaran 2021/2022” dinyatakan diterima. Hasil tersebut didukung
dengan kinerja guru dalam peningkatan kerjasama anak, yaitu 40,28% dengan
kriteria mulai berkembang menjadi 90,27% dengan kriteria berkembang sangat
baik, hal ini berarti ada peningkatan sebesar 49,99%. Sedangkan keaktifan anak
ada peningkatan sebesar 22,32%, dari hasil survey pra siklus 72,12% pada kriteria
belum berkembang menjadi 99,44% pada pasca siklus dengan kriteria
berkembang sangat baik.
Kata kunci: kerjasama, bermain kereta api.
149/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain