Text
Skripsi : PENINGKATAN MOTORIK HALUS MELALUI METODE BERMAIN BANGUN GEOMETRI BALOK KAYU PADA PESERTA DIDIK USIA 4-5 TAHUN DI SPS BINTANG KECIL DESA MLILIR KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN - CD Skripsi
ABSTRAK
Siti Partimah, 2620230737, ” Peningkatan Motorik Halus melalui Metode Bermain
Bangun Geometri Balok Kayu pada Peserta Didik Usia 4-5 Tahun di SPS Bintang
Kecil Desa Mlilir Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan”, Skripsi, Pendidikan GuruPendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet,
2022, 75 halaman.
Latar belakang penelitian ini adalah masih ada sebagian anak di SPS Bintang
Kecil Desa Mlilir yang memiliki motorik halus termasuk kategori kurang atau rendah,
sehingga peneliti bekerjasama dengan teman sejawat sebagai kolaborator melakukan
penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode bermain bangun geometri balok
kayu untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak.
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan metode bermain bangun
geometri balok dari kayu dalam meningkatkan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun
di SPS Bintang Kecil desa Mlilir kecamatan Gubug kabupaten Grobogan.
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan 2 (dua) siklus, setiap siklus
meliputi 2 (dua) kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi,
dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik di SPS Bintang Kecil Desa Mlilir
yang berjumlah 18 anak, guru sebagai observer dan guru lain sebagai kolaborator. Data
diperoleh dengan dokumentasi dan observasi, adapun analisis data digunakan analisis
deskriptif persentase.
Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa kegiatan bermain bangun geometri
balok kayu efektif dapat meningkatkan keaktifan anak, sehingga dapat meningkatkan
kemampuan motorik halus pada anak, hal ini didukung perolehan skor akhir siklus II
sebesar 17 atau 94,44% termasuk kriteria berkembang sangat baik, sedang indikator
keberhasilan 75% untuk perolehan skor secara individu dan 85% untuk skor perolehan
secara klasikal sebagai indikator keberhasilan kinerja guru, maka dapat dibuat
persamaan matematika: 75% < 94,44% > 85% sehingga hipotesis tindakan: ”Melalui
penerapan metode bermain bangun geometri balok kayu dapat meningkatkan motorik
halus bagi peserta didik usia 4-5 tahun di SPS Bintang Kecil desa Mlilir kecamatan
Gubug kabupaten Grobogan tahun ajaran 2021/2022”dinyatakan diterima atau terbukti.
Kata Kunci: motorik halus, bangun geometri.
152/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain