Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA BOWLING PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB MANDIRI DESA KEMIRI KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN - CD Skripsi
ABSTRAK
Zumrotun. 2620230741. Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan
Melalui Media Bowling Pada Anak Usia 4-5 Tahun di KB Mandiri Desa Kemiri
Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Ivet. 61 halaman.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah “Untuk mengetahui
peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media bowling pada
anak usia 4-5 tahun di KB Mandiri Desa Kemiri Kecamatan Gubug Kabupaten
Grobogan”.Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan metode tindakan
kelas.
Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan metode tindakan
kelas. Penelitian tindakan kelas (PTK) dalam bahasa Inggris sering disebut
Classroom Action Research (Arikunto, Suhardjono, & Supardi, 2008). Kemmis dan
McTaggrt (1982) menyatakan penelitian tindakan adalah cara suatu kelompok atau
seseorang dalam mengorganisasi sebuah kondisi dimana mereka dapat mempelajari
pengalaman dan membuat pengalaman mereka dapat diakses kepada orang lain.
Subyek dalam penelitian ini anak adalah anak-anak di KB Mandiri Desa Kemiri
Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan yang berjumlah 22 anak, terdiri dari 8
laki-laki dan 14 perempuan.
Hasil penelitian ini : 1) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran melalui media
bowling terbukti dapat kemampuan mengenal lambang bilangan pada peserta didik
di KB Mandiri Desa Kemiri Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan; hal ini
didukung dengan hasil penelitian bahwa ketuntasan klasikal pada pra siklus adalah
0% atau 0 anak 22 anak, siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 14% atau 3 anak
dari 22 anak, pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 23% atau 5 anak dari
22 anak, pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 68% atau 15 anak dari 22
anak, dan pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 95% atau 521 anak dari
22 anak. Hal ini jika dibandingkan dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 85%,
maka PTK 95% > 85% sehingga dapat ditarik kesimpulan PTK berhasil. 2) Guru
berhasil dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui
media bowling pada peserta didik di KB Mandiri Desa Kemiri Kecamatan Gubug
Kabupaten Grobogan; hal ini dapat dilihat dari kinerja Guru pada siklus I pertemuan
1 sebesar 65%, pada siklus I pertemuan 2 sebesar 73%, pada siklus II pertemuan 1
sebesar 85%, dan pada siklus II pertemuan 2 sebesar 90%. Sementara target
keberhasilan adalah 80%, jika dibandingkan dengan indikator keberhasilan sebesar
80% maka 90% > 80%, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Guru berhasil
meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media bowling.
Kata Kunci: Lambang Bilangan, Bowling, Anak Usia 3-4.
158/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain