Text
Skripsi : PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI METODE KARYA WISATA KOLABORATIF DENGAN MEDIA MENANAM BIJI-BIJIAN PADA PESERTA DIDIK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM AL IKHLAS BAWANG KABUPATEN BATANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Muyasaroh. 2620130132. Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Karya
Wisata Kolaboratif Dengan Media Menanam Biji-Bijian Pada Peserta Didik Usia 5-6
Tahun Di Tk Islam Al Ikhlas Bawang Kabupaten Batang. Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 81
halaman.
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Untuk mengetahui dan
mendeskripsikan kecerdasan naturalistik anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al Ikhlas
Bawang Kabupaten Batang. 2) Untuk mengetahui dan membuktikan pelaksanaan
metode karya wisata kolaboratif dengan media menanam biji-bijian dalam peningkatan
kecerdasan naturalistik pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al Ikhlas Bawang
Kabupaten Batang.
Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian campuran (mixed method), yaitu
penelitian yang menggambarkan kondisi nyata yang diperoleh di lapangan berdasarkan
hasil observasi (kuantitaif) untuk dikemukakan dan disajikan sesuai kondisi sebenarnya
dengan kata-kata dalam bentuk kualitatif (Sarwiji, 2012: 52). Sedangkan pendekatan
penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), karena penelitian
dilakukan di dalam kelas (Arikunto, 2011: 64). Subyek subjek penelitian ini adalah
keseluruhan anak yang terdapat dalam kelompok anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al
Ikhlas Bawang Kabupaten Batang yang berjumlah 24 anak seperti terinci pada tabel
berikut.
Hasil penelitian yang melalui metode karya wisata kolaboratif dengan media menanam
biji-bijian dapat meningkatkan kecerdasan naturalistik pada anak usia 5-6 tahun TK
Islam Al Ikhlas Bawang Kabupaten Batang. Hal ini terbukti bahwa anak yang
mencapai kriteria tuntas atau Berkembang Sangat Baik (BSB) pada Pra Siklus sejumlah
4 anak atau sebesar 17% , pada Siklus I Pertemuan Ke-1 sejumlah 9 anak atau sebesar
38% , pada Siklus I Pertemuan Ke-2 sejumlah 12 anak atau sebesar 50% , pada Siklus
I Pertemuan Ke-3 sejumlah 16 anak atau sebesar 67% , pada Siklus II Pertemuan Ke-1
sejumlah 19 anak atau sebesar 79% , pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sejumlah 21 anak
atau sebesar 88% , pada Siklus II Pertemuan Ke-3 sejumlah 22 anak atau sebesar 92%.
Indikator keberhasilan dalam PTK ini adalah keberhasilan anak secara klasikal sebesar
85% sehingga PTK dinyatakan berhasil pada siklus II.
Kata kunci : Kecerdasan Naturalis, Karya Wisata Kolaboratif, Biji-Bijian.
159/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain