Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF
MELALUI PERMAINAN POHON HITUNG 
PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN 
DI RA MASYITHOH GOMBONG PECALUNGAN BATANG - CD Skripsi

Text

Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN POHON HITUNG PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA MASYITHOH GOMBONG PECALUNGAN BATANG - CD Skripsi

Khasanah, Nur - Nama Orang;

ABSTRAK
Nur Khasanah (2022). Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan
Pohon Hitung pada anak usia 4-5 Tahun di RA Masyithoh Desa Gombong
Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang. Skripsi. PG-PAUD. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet Semarang. 67 Halaman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan
kognitif melalui permainan pohon hitung pada abak usia 4-5 tahun Di RA
Masyithoh Gombong Pecalungan Batang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing
siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan, subjek penelitian ini adalah peserta didik
RA Masyithoh Gombong Pecalungan Batang yang berjumlah 12 anak.
Pengambilan data yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau
observasi, dokumentasi, dan wawancara untuk melengkapi data yang ingin
diungkap. Analisis data yang diperoleh merupakan data kualitatif dan dalam
pengembangan kognitif menggunakan analisis deskripsi komparatif yaitu
membandingkan kegiatan anak sebelum dan sesudah tindakan. Pelaksanaan
perbaikan di lakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan.
Siklus I dilaksanakan pada tanggal 23 dan 25 mei 2022. Siklus II dilaksanakan
pada tanggal 30 Mei dan 2 Juni 2022.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diadakan perbaikan pembelajaran
pada siklus I melalui permainan pohon hitung maka di peroleh peningkatan
prosentase keberhasilan dari 33,2% pada kegiatan prasiklus menjadi 46% pada
siklus I pertemuan I dan 60% pada siklus I Pertemuan II. Hasil yang di dapat
pada siklus I belum dikatakan berhasil maka dilakuka perbaikan pada siklus ke II
dan dari kegiatan tersebut diperoleh prosentase masih sama yaitu 71% pada siklus
II pertemuan I dan 81% pada siklus II pertemuan II. Dengan prosentasre
keberhasilan mencapai 81% maka artinya tingkat kenaikan ini telah mencapai
kriteria baik sekali. Sehingga perbaikan pada siklus selanjutnya tidak perlu di
lakukan.
Dapat disimpulkan bahwa kegiatan permainan pohon hitung dapat meningkatkan
kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di RA Masyithoh Gombong Pecalungan
Batang.
Kata kunci : Kemampuan Kognitif, Berhitung, dan Pohon Angka


Ketersediaan
161/PAUD/PUS/II/2022378Perpustakaan Pusat (PG PAUD)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
378
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
21x30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
PG PAUD
161/PAUD/PUS/II/2022
Nur Khasanah
2620130252
Info Detail Spesifik
Hard cover skripsi warna biru – CD Skripsi Jurusan PG - PAUD
Pernyataan Tanggungjawab
Nur Khasanah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN POHON HITUNG PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA MASYITHOH GOMBONG PECALUNGAN BATANG
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik