Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF
MELALUI KEGIATAN BERMAIN ISTANA PASIR 
PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB SABILUNNAJAH 
PRETEK PECALUNGAN BATANG - CD Skripsi

Text

Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN BERMAIN ISTANA PASIR PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB SABILUNNAJAH PRETEK PECALUNGAN BATANG - CD Skripsi

Roliyah - Nama Orang;

ABSTRAK
Roliyah (2022) Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Bermain
Istana Pasir Pada anak Usia 3-4 Tahun Di KB Sabilunnajah Pretek
Pecalungan Batang, Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet Semarang. 69 Halaman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan
kognitif melalui kegiatan bermain istana pasir pada anak usia 3-4 tahun di KB
Sabilunnajah Desa Pretek Kec. Pecalungan Kab. Batang. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan
masing-masing siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan, subjek penelitian ini
adalah peserta didik KB Sabilunnajah yang berjumlah 15 anak. Pengambilan
data yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi,
dokumentasi, dan wawancara untuk melengkapi data yang ingin diungkap.
Analisis data yang diperoleh merupakan data kualitatif dan dalam penegmbangan
kognitif menggunakan analisis deskripsi komparatif yaitu membandingkan
kegiatan anak sebelum dan sesudah tindakan. Pelaksanaan perbaikan di lakukan
dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Siklus I dilaksanakan
pada tanggal 23 dan 25 Mei 2022. Siklus II dilaksanakan pada tanggal 30 Mei
dan 2 Juni 2022.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa setelah diadakan perbaikan pembelajaran
pada siklus I melalui kegiatan bermain istana pasir maka diperoleh peningkatan
presentase pada pra tindakan mendapatkan presentase rata-rata sebesar 31%
meningkat pada siklus I menjadi 61% dan meningkat kembali pada siklus II
menjadi 83%. Peningkatan yang terjadi pada siklus I adalah sebesar 30% dari
pra tindakan, sedangkan siklus II meningkat sebesar 21% dari siklus I.
Peningkatan persentase rata-rata kemampuan kognitif menggunakan kegiatan
bermain istana pasir dihentikan pada siklus II karena sudah mencapai indikator
keberhasilan yang telah ditentukan sebelumnya yaitu 75% maka artinya tingkat
kenaikan ini telah mencapai kriteria baik sekali. Sehingga perbaikan pada siklus
selanjutnya tidak perlu di lakukan.
Dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain istana pasir dapat meningkatkan
kemampuan kognitif anak usia 3-4 tahun di KB Sabilunnajah Pretek Pecalungan
Batang.
Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Bermain, Istana Pasir


Ketersediaan
166/PAUD/PUS/II/2022378Perpustakaan Pusat (PG PAUD)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
378
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
21x30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
PG PAUD
166/PAUD/PUS/II/2022
Roliyah
2620130267
Info Detail Spesifik
Hard cover skripsi warna biru – CD Skripsi Jurusan PG - PAUD
Pernyataan Tanggungjawab
Roliyah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN BERMAIN ISTANA PASIR PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB SABILUNNAJAH PRETEK PECALUNGAN BATANG
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik