Text
Skripsi : PENINGKATAN PENGENALAN BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN PUZZLE KREATIF PADA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI KB AL-HIDAYAH DESA SELOKARTO KECAMATAN PECALUNGAN BATANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang
dilaksanakan dengan 2 siklus. Melalui permainan memancing angka diharapkan
mampu menarik perhatian anak dalam belajar konsep bilangan karena dilakukan
dengan menyenangkan yaitu belajar sambil bermain.
Tujuan dari penelitian ini permainan memancing angka untuk
meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak. Dalam penelitian ini
pemahaman konsep bilangan yang digunakan sebagai indikator ada 4 yaitu
1) anak dapat menyebutkan urutan bilangan 1-10, 2) anak mampu menunjukan
urutan benda dari 1-10, 3) anak mampu membilang dengan menunjukkan benda
(mengenal konsep bilangan dengan benda-benda), 4) anak mampu mencocokkan
benda dengan lambang bilangan.
Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di TPA Ibunda Lebo
dengan jumlah 8 anak yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 4 anak perempuan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa sebelum dilaksanakan
penelitian pemahaman konsep bilangan anak di TPA Ibunda Lebo masih
mencapai 53,3%, setelah dilakukan tindakan siklus I maka pemahaman konsep
bilangan anak meningkat menjadi 62,5%. Karena belum mencapai indikator
keberhasilan yang diharapkan yaitu 80%, maka dilakukan tindakan siklus II
sehingga mengalami kenaikan menjadi 87,5%. Jadi peningkatkan pemahaman
konsep bilangan dapat dilakukan melalui permainan memancing angka.
Kata Kunci : Konsep Bilangan. Permainan. Memancing Angka
Karwiti (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Permainan
Memancing Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TPA Ibunda Lebo Gringsing
Batang. Skripsi. PG PAUD. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Ivet. 96 halaman.
171/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain