Text
Skripsi : PENINGKATAN PEMAHAMAN KEAKSARAAN AWAL DENGAN METODE DEMONSTRASI MELALUI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN KB AZ-ZAHRA DESA GERDUREN KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS - CD Skripsi
ABSTRAK
Sri Wahyuni Werdiningsih. 2620230594. Peningkatan Pemahaman Keaksaraan Awal
Dengan Metode Demonstrasi Melalui Media Permainan Ular Tangga Pada Anak Usia
4-5 Tahun Kb Az-Zahra Desa Gerduren Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 83 halaman.
Berdasarkan beberapa masalah yang dapat diidentifikasi, maka peneliti
sebagai salah satu guru di KB Az-Zahra Desa Gerduren Kecamatan Purwojati
Kabupaten Banyumas merasa ikut bertanggungjawab untuk memberikabn solusi guna
memecahkan masalah, salah satunya melalui tindakan kelas berkolaborasi dengan
guru lain. Alasan lain munculnya masalah tersebut disebabkan oleh masih adanya
sebagian anak yang kurang memahami keaksaraan sebagai dasar untuk membaca
permulaan, belum maksimalnya penerapan metode pembelajaran yang disampaikan
oleh guru yang disesuaikan dengan materi pembelajaran, di sisi lain dengan metode
demonstrasi dengan media permainan ular tangga memungkinkan anak lebih cepat
untuk memahami keaksaraan. Selain itu media yang dapat digunakan dalam proses
pembelajaran begitu banyak dan kompleks, salah satunya media permainan ular
tangga yang ditengarai mampu membangkitkan minat dan konsentrasi anak belum
pernah diterapkan sepenuhnya di KB Az-Zahra Desa Gerduren tersebut.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi melalui permainan ular tangga
dalam meningkatkan pemahaman keakasaaran awal pada anak usia 4-5 tahun KB AzZahra Desa Gerduren Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas.
Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah metode campuran (mixed
method), sebab pengolahan data didasarkan perolehan angka-angka pengukuran
hasil observasi dari sejumlah subjek atau anak, kemudian dideskripsikan secara
kualitatif. Jenis penelitian digunakan model tindakan kelas atau PTK. Subyek
penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik usia 4-5 tahun KB Az-Zahra Desa
Gerduren Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas seperti tersaji pada tabel
berikut.
Hasil penelitian ini : 1) Melalui penerapan metode demonstrasi dengan media
permainan ular tangga dapat meningkatkan pemahaman keaksaraan awal pada anak
usia 4-5 tahun KB Az-Zahra Desa Gerduren Kecamatan Purwojati Kabupaten
Banyumas”. 2) Permainan ular tangga ini adalah permainan papan untuk anak-anak
dimainkan oleh dua orang atau lebih, yang dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di
beberapa kotak ada gambar tangga atau ular yang berhubungan dengan kotak lainnya.
Pada aktivitas yang menggunakan media permainan ular tangga kata dapat
meningkatkan kemampuan mengenal kata dan meningkatkan kemampuan membaca
pada anak.. Hal ini megindikasikan anak mampu mengusai keaksaraan awal.
Kata Kunci: Keaksaraan, Demonstrasi, Permainan Ular Tangga.
172/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain