Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL HADIST PENDEK MELALUI HABITUAL ACTIVITY PADA ANAK USIA 3 – 4 TAHUN DI KB NURUL HUDA DESA TENGGULANGHARJO KECAMATAN SUBAH KABUPATEN BATANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Lilik Lutvianah (2021). Peningkatan Kemapuan Anak Mengenal Hadist
Pendek Melalui Habitual Activity Pada Anak Usia 3 – 4 Tahun Di KB Nurul Huda
Desa Tenggulangharjo Kecamatan Subah Kabupaten Batang. Skripsi, Jurusan PG
PAUD FKIP Universitas Ivet 2021. 76 halaman.
Akhlak adalah bunga diri ,siapa yang berakhlak mulia akan disenangi dan
banyak teman. Untuk mewujudkan negara yang maju dibutuhkan generasi yang
berakhlaqul karimah. Bahkan Megawangi (dalam Siti Aisyah, dkk, 2011), ”Sebuah
peradaban akan menurun apabila terjadi demoralisasi pada masyarakatnya“. Selain
itu orang bijak berpendapat bahwa faktor moral (akhlak) adalah hal utama yang
harus dibangun terlebih dahulu agar bisa membangun masyarakat yang tertib,
aman, dan sejahtera. Disini faktor moral menjadi fondasi atau dasar untuk
membangun sesuatu yang baik dan ideal. Hadits atau Al-Hadist menurut bahasa Aljadid yang artinya sesuatu yang baru-lawan dari al-Qadim (lama), yang berati
menunjukan kepada waktu yang dekat atau waktu yang di singkat.
Secara etimologi pembiasaan / habitual activity menunjukkan arti proses,
sehingga pembiasaan dapat diartikan sebagai proses membuat sesuatu/seseorang
menjadi terbiasa.
Peneliti dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas,
yaitu terdiri dari 2 siklus antara lain siklus I dan siklus II. Selanjutnya langkah
langkah dari tiap siklus terdiri dari : perencanaan, Pelaksanaan tindakan, melakukan
pengamatan, melakukan refleksi. Metode yang digunakan metode obsevasi,
dokumentasi, Analisis data yang digunakan adalah deskrip.
Berdasarkan kondisi awal anak usia dini di KB Nurul Huda
Tenggulangharjo Subah Batang dalam peningkatan pembiasaan anak dalam
mengenal hadist pendek karena hanya 20 % (1 anak) yang memenui indikator
kinerja maka perlu diadakan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas
dapat disimpulkan bahwa melalui pembiasaan atau habitual activity dapat
meningkatkan kemampuan mengenal hadist pendek anak usia dini di KB Nurul
Huda Tenggulangharjo Subah Batang. Hal tersebut diindikasikan dari
meningkatkan pengenalan hadist pendek pada anak dan ketercapaiannya indikator
kinerja peneliti. Pada siklus I prosentase peningkatanpengenalan hadist pendek
pada anak mencapai 40% (2 anak) kemudian meningkat menjadi 80% (4 anak) pada
siklus II.Dari hasil tersebut maka indikator keberhasilan pada penelitian ini
dikatakan berhasil pada siklus II. Indikator keberhasilan yang telah ditetapkan pada
penelitian ini adalah 80 % anak mampu mengenal melalui habitual activity.
Kata kunci: hadist pendek, akhlak pembiasaan.
174/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain