Text
Skripsi : PENINGKATAN KERJASAMA DENGAN METODE BERMAIN KERETA API DENGAN MEDIA BALOK PADA PESERTA DIDIK TK ISLAM SIROJUL HAQ GABUS KABUPATEN PATI - CD Skripsi
ABSTRAK
Anisa Ul Fitria. B2618110296. Peningkatan Kerjasama Dengan Metode Bermain
Kereta Api Melalui Media Balok Pada Peserta Didik TK Islam Sirojul Haq Gabus
Kabupaten Pati. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 78 halaman.
Pengalaman interaksi sosial sangat berperan dalam mengembangkan
kemampuan berpikir anak dalam bekerjasama. Kemampuan kerjasama anak dapat
berkembang dengan baik apabila anak sering diajak untuk melakukan kegiatankegiatan kelompok yang memungkinkan anak untuk berpartisipasi dan menjalin
kerjasama dengan anak lain. Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui dan
mendeskripsikan peningakatan kerjasama dengan penggunaan metode bermain
kereta api melalui media balok pada pada peserta didik TK Islam Sirojul Haq Gabus
Kabupaten Pati. Dari 13 anak usia 3-4 tahun di TK Islam Sirojul Haq Gabus yang
menunjukkan kemampuan kerjasamanya dengan teman kurang maksimal. Belum
maksimalnya para guru dalam proses pembelajaran menggunakan alat peraga sesuai
dengan materi yang diberikan kepada anak, termasuk di dalamnya guru TK Islam
Sirojul Haq Gabus. Terbatasnya alat permainan edukatif (APE) yang dimiliki
beberapa sekolah belum mampu menggambarkan bentuk dan sifat kerjasama atau
dalam gotong-rotong, sehingga APE yang digunakan di lingkungan anak belum
mampu menstimulasi kerjasama pada anak.
Pendekatan penelitian ini dilakukan di dalam kelas, karena itu peneliti
menganalisis data dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Model siklus
yang digunakan terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu: 1) perencanaan (planning); 2)
tindakan (acting); 3) pengamatan (observing); dan 4) refleksi (reflecting). Subjek
penelitian ini adalah anak Kelompok B di TK Islam Sirojul Haq Gabus Kabupaten
Pati sejumlah 18 anak.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui penerapan metode bermain
kereta api dengan media balok dapat meningkatkan kerjasama bagi peserta didik TK
Islam Sirojul Haq Gabus Kabupaten Pati pada semester genap tahun ajaran
2021/2022. Hal ini dibuktikan anak yang mencapai kriteria tuntas atau Berkembang
Sangat Baik (BSB) pada Pra Siklus sejumlah 0 anak atau sebesar 0% , pada Siklus I
Pertemuan Ke-1 sejumlah 5 anak atau sebesar 28% , pada Siklus I Pertemuan Ke-2
sejumlah 7 anak atau sebesar 39% , pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sejumlah 10 anak
atau sebesar 56% , pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sejumlah 16 anak atau sebesar
89%. Indikator keberhasilan dalam PTK ini adalah keberhasilan anak secara klasikal
sebesar 85% sehingga PTK dinyatakan berhasil pada siklus II.
Kata Kunci: kerjasama, metode bermain, bermain kereta api, media balok
176/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain