Text
Skripsi : PENINGKATAN MOTORIK KASAR DENGAN METODE BERMAIN GOBAK SODOR PADA PESERTA DIDIK PAUD TK NURUL LUTHOFA’ KABUPATEN PATI - CD Skripsi
ABSTRAK
ELMI FATIH. B2618110306. PENINGKATAN MOTORIK KASAR DENGAN
METODE BERMAIN GOBAK SODOR PADA PESERTA DIDIK PAUD TK
NURUL LUTHOFA’ KABUPATEN PATI. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia
Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 69 halaman.
Sesuai dengan permasalahan penelitian, secara operasional penelitian ini
bertujuan: 1) Untuk mengetahui kemampuan motorik kasar peserta didik PAUD-TK
Nurul Luthofa’ Desa Krajan Kecamatan Kayen Kabgupaten Pati. 2) Untuk
membuktikan keefektifan penerapan metode bermkain gobak sodor dalam
meningkatkan motorik kasar pada peserta didik PAUD-TK Nurul Luthofa’ Desa
Krajan Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. 3) Masih adanya beberapa peserta didik di
PAUD-TK Nurul Luthofa’ Krajan yang motorik kasarnya belum ditingkatkan secara
maksimal. 4) Adanya guru yang melaksanakan proses pembelajaran belum
menggunakan metode dan media pembelajaran yang disesuaikan dengan materi,
situasi, karakter, dan lingkungan anak.
Pendekatan penelitian yang digunakan penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas atau PTK. Desain penelitian digunakan pendekatan yang bersifat
kualitatif-interaktif dengan desain PTK, sebagai model PTK kolaboratif karena
peneliti berkolaborasi dengan teman sejawat yang bertindak sebagai kolaborator.
Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik PAUD-TK Nurul Luthofa’ Desa
Krajan Kecamatan Kayen Kabupeten Pati yang berjumlah 16 anak.
Hasil penelitian ini antara lain: 1) Anak yang mencapai kriteria tuntas atau
Berkembang Sangat Baik (BSB) pada Pra Siklus sejumlah 1 anak atau sebesar 6%,
pada Siklus I Pertemuan Ke-1 sejumlah 5 anak atau sebesar 31%, pada Siklus I
Pertemuan Ke-2 sejumlah 10 anak atau sebesar 63%, pada Siklus II Pertemuan Ke-1
sejumlah 14 anak atau sebesar 88%, pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sejumlah 14 anak
atau sebesar 88% . 2) Keaktifan anak pada Pra Siklus sebesar 7 poin atau sebesar
35%, pada Siklus I Pertemuan Ke-1 sebesar 9 poin atau sebesar 45%, pada Siklus I
Pertemuan Ke-2 sebesar 10 poin atau sebesar 50%, pada Siklus II Pertemuan Ke-1
sebesar 14 poin atau sebesar 70%, pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sebesar 16 poin
atau sebesar 80% . 3) Kinerja Guru pada Pra Siklus sebesar 7 poin atau sebesar 35%,
pada Siklus I Pertemuan Ke-1 sebesar 11 poin atau sebesar 55%, pada Siklus I
Pertemuan Ke-2 sebesar 13 poin atau sebesar 65%, pada Siklus II Pertemuan Ke-1
sebesar 15 poin atau sebesar 75%, pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sebesar 17 poin
atau sebesar 85%.
Kata Kunci: Peningkatan, Motorik Kasar, Gobak Sodor.
178/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain