Text
Skripsi : UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN PENJUMLAHAN MELALUI PERMAINAN PASAR-PASARAN KELOMPOK B RA NAIL ALFALAH MERAK KEC. DEMPET KAB. DEMAK - CD Skripsi
ABSTRAK
Munawaroh. NPM.2620230690. Upaya Peningkatan Pemahaman Penjumlahan
Melalui Permainan Pasar-Pasaran Kelompok B RA Nail Alfalah Merak Kec.
Dempet Kab. Demak. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas IVET 2022
Rumusan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan metode
permainan pasar-pasaran dalam meningkatkan pemahaman penjumlahan pada
anak kelompok B di RA Nail Alfalah Merak Kec. Dempat Kab. Demak”.
Penelitian yang digunakan penulis yaitu Penelitian Tindakan Kelas
(Classroom Action Research).Penelitian ini dilakukan secara kolaborasi antara
kepala sekolah, guru kelas dan peneliti. Untuk memperoleh kesamaan tindakan
dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.tempat penelitian
di RA Nail Alfalah Merak Kec. Dempat Kab. Demak dan waktu penelitian
dilakukan bulan Juni-Juli2022.Sumber data diperoleh dari siswa kelas B di RA
Nail Alfalah Merak dan orang tua siswa di RA Nail Alfalah Merak Kec. Dempet
Kab. Demak.Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, yaitu siklus pertama
dan siklus ke dua. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi.Tehnik analisis datameliputi:pengamatan, test
tertuliskemudian diolah dengan analisis deskriptif dan prosentase.
Indikator keberhasilan hasil belajar dari penelitian ini didasarkan pada
Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu ketuntasan belajar tercapai jika 75% peserta
didik mendapat nilai lebih dari atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) yaitu 80% dari seluruh peserta didik dalam kelas.
Hasil daripenelitian ini bahwa melalui problem solving dengan benda
konkret dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan pada anak kelompok B RA
Nail Alfalah Merak Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Problem solving yang
cocok untuk anak usia dini adalah berupa problemsolving berbentuk permainan
pasar-pasaran. Berdasarkan hasil observasi dari prasiklus diperoleh rata-rata
pemahaman penjumlahan anak kelompok B RA Nail Alfalah memperoleh skor
30,7. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas yaitu melaui permainan pasarpasaran dengan benda konkret pada siklus I diperoleh skor rata-rata pemahaman
penjumlahan anak sebesar 47,1. Hasil ini menunjukkan peningkatan sebesar 16,4.
Selanjutnya setelah dilakukan pembelajaran pada siklus II rata-rata pemahaman
penjumlahan anak memperoleh skor sebesar 82,62. Hasil ini menunjukkan
peningkatan sebesar 35,7 dari siklus I. Data tersebut menunjukkan pada tiap siklus
anak mengalami peningkatan kemampuan penjumlahan
Kata Kunci:pemahaman penjumlahan, permainan pasar-pasaran
190/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain