Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Skripsi : UPAYA MENINGKATKAN KEBERANIAN ANAK DALAM 
BERCERITA TENTANG CITA-CITA MELALUI PENDEKATAN 
BEHAVIORISTIK DI TK KARTIKA RINI 1 BAKUNG MIJEN DEMAK - CD Skripsi

Text

Skripsi : UPAYA MENINGKATKAN KEBERANIAN ANAK DALAM BERCERITA TENTANG CITA-CITA MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORISTIK DI TK KARTIKA RINI 1 BAKUNG MIJEN DEMAK - CD Skripsi

Sarofah - Nama Orang;

ABSTRAK
Sarofah (2620230706) penelitian berjudul “Upaya Meningkatkan Keberanian Anak
dalam Bercerita Tentang Cita-cita melalui Pendekatan Behavioristik di TK Kartika Rini 1
Bakung Mijen Demak”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian bercerita
tentangcita-cita melalui pendekatan behavioristik di TK Kartika Rini 1 Bakung Mijen Demak
Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah
anak TK Kartika Rini 1 Bakung Mijen Demak yang berjumlah 28 siswa. Objek dalam
penelitian ini adalah keberanian anak dalam bercerita tentang cita-cita. Penelitian ini
difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan keberanian bercerita
tentang cita-cita melalui pendekatan behavioristik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
dalam penelitian tindakan kelas ini adalah tes bercerita, angket, wawancara, pengamatan, dan
dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket,
lembar penilaian keberanian bercerita dan dokumentasi kegiatan. Data dianalisis dengan
teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan pendekatan behavioristik dapat
meningkatkan keberanian bercerita anak yang tampak pada meningkatnya kualitas proses
pembelajaran yang ditunjukkan oleh adanya keaktifan anak dalam hal bercerita, antusias
dalam mendengarkan penjelasan guru, antusias menyimak anak lain bercerita, semangat anak
ketika tampil bercerita, danfokus anak kepada perintah yang diberikan oleh guru. Pada tahap
pratindakan, anak terlihat malas dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
Selain itu, mereka juga lebih suka bercanda dan bermain-main dan kurang memperhatikan
penjelasan dari guru. Pada tahap siklus I anak yang malas dan kurang bersemangat mulai
berkurang. Anak yang bercanda dan main-main juga mulai berkurang. Pada tahap siklus II,
anak lebih memperhatikan pembelajaran, tidak bermain-main, bercanda, dan bersenda gurau.
Anak juga lebih bersemangat dalam bercerita dan antusias dalam mendengarkan penjelasan
guru, antusias menyimak anak lain bercerita, (2) peningkatan secara produk dapat dilihat dari
peningkatan skor hasil bercerita anak pada setiap siklus. Peningkatan hasil atau produk dapat
dilihat dari perbandingan skor rata-rata bercerita anak pada setiap siklus. Skor rata-rata anak
pada tahap pratindakan adalah 20,64, pada saat siklus I meningkat menjadi 23,07, dan pada
siklus II meningkat menjadi 25,43. Dengan demikian, keberanian bercerita anak TK Kartika
Rini 1 Bakung Mijen Demak telah mengalami peningkatan baik secara proses maupun
produk setelah diberi tindakan menggunakan pendekatan behavioristik.
Kata kunci : Keberanian, Bercerita, Cita-cita, dan Pendekatan Behavioristik


Ketersediaan
193/PAUD/PUS/II/2022378Perpustakaan Pusat (PG PAUD)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
378
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
21x30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
PG PAUD
193/PAUD/PUS/II/2022
Sarofah
2620230706
Info Detail Spesifik
Hard cover skripsi warna biru – CD Skripsi Jurusan PG - PAUD
Pernyataan Tanggungjawab
Sarofah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • UPAYA MENINGKATKAN KEBERANIAN ANAK DALAM BERCERITA TENTANG CITA-CITA MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORISTIK DI TK KARTIKA RINI 1 BAKUNG MIJEN DEMAK
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik