Text
Skripsi : UPAYA MENINGKATKAN KEBERANIAN ANAK DALAM BERCERITA TENTANG CITA-CITA MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORISTIK DI TK KARTIKA RINI 1 BAKUNG MIJEN DEMAK - CD Skripsi
ABSTRAK
Sarofah (2620230706) penelitian berjudul “Upaya Meningkatkan Keberanian Anak
dalam Bercerita Tentang Cita-cita melalui Pendekatan Behavioristik di TK Kartika Rini 1
Bakung Mijen Demak”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian bercerita
tentangcita-cita melalui pendekatan behavioristik di TK Kartika Rini 1 Bakung Mijen Demak
Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah
anak TK Kartika Rini 1 Bakung Mijen Demak yang berjumlah 28 siswa. Objek dalam
penelitian ini adalah keberanian anak dalam bercerita tentang cita-cita. Penelitian ini
difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan keberanian bercerita
tentang cita-cita melalui pendekatan behavioristik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
dalam penelitian tindakan kelas ini adalah tes bercerita, angket, wawancara, pengamatan, dan
dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket,
lembar penilaian keberanian bercerita dan dokumentasi kegiatan. Data dianalisis dengan
teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan pendekatan behavioristik dapat
meningkatkan keberanian bercerita anak yang tampak pada meningkatnya kualitas proses
pembelajaran yang ditunjukkan oleh adanya keaktifan anak dalam hal bercerita, antusias
dalam mendengarkan penjelasan guru, antusias menyimak anak lain bercerita, semangat anak
ketika tampil bercerita, danfokus anak kepada perintah yang diberikan oleh guru. Pada tahap
pratindakan, anak terlihat malas dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
Selain itu, mereka juga lebih suka bercanda dan bermain-main dan kurang memperhatikan
penjelasan dari guru. Pada tahap siklus I anak yang malas dan kurang bersemangat mulai
berkurang. Anak yang bercanda dan main-main juga mulai berkurang. Pada tahap siklus II,
anak lebih memperhatikan pembelajaran, tidak bermain-main, bercanda, dan bersenda gurau.
Anak juga lebih bersemangat dalam bercerita dan antusias dalam mendengarkan penjelasan
guru, antusias menyimak anak lain bercerita, (2) peningkatan secara produk dapat dilihat dari
peningkatan skor hasil bercerita anak pada setiap siklus. Peningkatan hasil atau produk dapat
dilihat dari perbandingan skor rata-rata bercerita anak pada setiap siklus. Skor rata-rata anak
pada tahap pratindakan adalah 20,64, pada saat siklus I meningkat menjadi 23,07, dan pada
siklus II meningkat menjadi 25,43. Dengan demikian, keberanian bercerita anak TK Kartika
Rini 1 Bakung Mijen Demak telah mengalami peningkatan baik secara proses maupun
produk setelah diberi tindakan menggunakan pendekatan behavioristik.
Kata kunci : Keberanian, Bercerita, Cita-cita, dan Pendekatan Behavioristik
193/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain