Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN BIG BOOK PADA ANAK USIA 4 - 5 TAHUN DI KB AL IKHLAS MLATEN MIJEN DEMAK - CD Skripsi
ABSTRAK
Tutik Haryanti, NPM. 2620230724. Peningkatan Kemampuan
Berbicara Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Big Book Pada Anak
Usia Usia 4-5 Tahun di KB AL IKHLAS Mlaten Mijen Demak.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih belum berkembangnya
kemampuan berbicara anak di KB AL IKHLAS Mlaten Mijen Demak di tandai anak
lebih banyak diam didalam kelas, baik pada saat pembelajaran berlangsung maupun
pada saat anak berada di luar kelas. Penelitian ini dalam bentuk tindakan kelas
(PTK)bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode
bercerita dengan menggunakan big book yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sebagai teknik dan alat
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,dan dokumentasi. Hasil
penelitian ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen
dari tahap pra siklus BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan kemampuan
berbicara anak yaitu pada pra siklus 33,33%, selanjutnya siklus I rata-ratanya
53,33%, siklus II rata-ratanya 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat
disimpulkan bahwa melalui metode bercerita dengan menggunakan big book dapat
meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun. Kata Kunci: Kemampuan, Berbicara, Bercerita, Big book
199/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain