Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN PADA KELOMPOK B DI RA AL IKHLAS MLATEN MIJEN DEMAK - CD Skripsi
ABSTRAK
Ika Khurrotul Muyassaroh, NPM.2620230678. Peningkatan Kemampuan
Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Boneka
Tangan pada Kelompok B di RA AL IKHLAS Mlaten Mijen Demak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih belum berkembangnya kemampuan
berbahasa anak pada kelompok B di RA AL IKHLAS Mlaten Mijen Demak di tandai
anak lebih banyak diam didalam kelas, baik pada saat pembelajaran berlangsung
maupun pada saat anak berada di luar kelas. Penelitian ini dalam bentuk tindakan
kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui
metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan yang terdiri dari 2 siklus
dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sebagai teknik
dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk
persen diperoleh nilai kemampuan berbahasa anak sebesar 31%. Siklus I 56% dan
siklus II meningkat menjadi 86,6% hal ini menunjukkan terdapat peningkatan
kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita dengan boneka
tangan.Perubahan perilaku anak terlihat dari nilai keaktifan anak pada siklus I sebesar
56% dan meningkat pada siklus II sebesar 86,5% di dukung oleh kinerja guru yang
meningkat dari baik pada siklus I menjadi sangat baik pada siklus II. Efektifitas
metode bercerita dengan boneka tangan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa
pada pra siklus dan siklus II yaitu sebesar 55,5% metode bercerita dengan boneka
tangan efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa. Kata Kunci: Kemampuan Berbahasa, metode Bercerita, Boneka Tangan
204/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain