Text
Skripsi : PENINGKATAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI MEDIA CUISENAIRE RODS MODIFIKASI DI KB HARAPAN SAMBIWAYANG 1 KECAMATAN KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Kristiani. 2620230661. Peningkatan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Pada
Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Media Cuisenaire Rods Modifikasi Di Kb Harapan
Sambiwayang 1 Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun
Pelajaraan 2021/2022. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet.
64 halaman.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah “Untuk
mendiskripsikan penggunaan media cuisenaire rods modifikasi dalam
meningkatkan pengenalan bilangan 1-10 pada anak usia 3-4 tahun di KB Harapan
Sambiwayang 1 Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan”.
Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan metode tindakan
kelas. Penelitian tindakan kelas (PTK) dalam bahasa Inggris sering disebut
Classroom Action Research Kemmis dan McTaggrt menyatakan penelitian
tindakan adalah cara suatu kelompok atau seseorang dalam mengorganisasi
sebuah kondisi dimana mereka dapat mempelajari pengalaman dan membuat
pengalaman mereka dapat diakses kepada orang lain (Sukardi, 2012). Subyek
dalam penelitian ini anak adalah anak-anak di KB Harapan Sambiwayang 1
Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan yang berjumlah 14 anak terdiri
dari 7 anak perempuan dan 7 anak laki-laki.
Hasil penelitian ini : 1) Hasil ketuntasan klasikal pada Pra Siklus ialah 0%
meningkat pada siklus I pertemuan 1 secara klasikal kemampuan mengenal
lambang bilangan 1-10 yaitu sebesar 29%, dan meningkat pada siklus I pertemuan
2 yakni 57%. Indikator keberhasilan dalam PTK ini adalah keberhasilan anak
secara klasikal sebesar 85% sehingga PTK dinyatakan belum berhasil pada siklus
I sehingga harus dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II pertemuan 1 terdapat
peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 yakni menjadi 79%,
kemudian meningkat pada siklus II pertemuan 2 secara klasikal menjadi 93%.
Indikator keberhasilan dalam PTK ini adalah keberhasilan anak secara klasikal
sebesar 85% sehingga PTK dinyatakan berhasil dan berhenti pada siklus II. 2)
Guru berhasil dalam meningkatkan pengenalan lambang bilangan 1-10 melalui
media cuisenaire rods modifikasi pada peserta didik usia 3-4 tahun di KB
HARAPAN Sambiwayang 1 Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan;
kinerja Guru pada siklus 1 sebesar 58% dan 66% sementara target keberhasilan
adalah 80%; pada siklus 2 ini kinerja Guru juga menunjukkan pencapaian yang
signifikan yakni 79% dan 87%, jika dibandingkan dengan indikator keberhasilan
sebesar 80% maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Guru berhasil meningkatkan
pemahaman konsep bilangan melalui media cuisenaire rods modifikasi.
Kata Kunci: Lambang Bilangan, Cuisenaire Rods, Anak Usia 3-4.
208/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain