Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF BERHITUNG PERMULAAN MELALUI MEDIA GAMBAR ASOSIATIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HARAPAN BUMIHARJO KECAMATAN KELING KABUPATEN JEPARA - CD Skripsi
ABSTRAK
Siswanti, (2022). Peningkatan Kemampuan Kognitif Berhitung Permulaan Melalui
Media Gambar Asosiatif Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Harapan Bumiharjo
Kecamatan Keling Kabupaten Jepara. Semarang. PAUD. Fakultas Keguruan Ilmu
Pendidikan, Universitas Ivet Semarang. 83 Halaman
Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana
peningkatan kemampuan kognitif berhitung permulaan melalui media gambar
asosiatif? 2) Bagaimana perubahan perilaku anak usia 5-6 tahun melalui media
gambar asosiatif dalam meningkatkan kemampuan kognitif berhitung permulaan?
3) Bagaimana efektifitas media gambar asosiatif dalam meningkatkan kemampuan
kognitif berhitung permulaan pada anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan rumusan
masalah di atas maka tujuan dari penelitian ini antara lain: 1) Untuk mengetahui
dan meningkatkan kemampuan kognitif berhitung permulaan melalui media gambar
asosiatif pada anak usia 5-6 tahun. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan
perubahan perilaku anak usia 5-6 tahun melalui media gambar asosiatif dalam
meningkatkan kemampuan kognitif berhitung permulaan. 3) Untuk mengetahui dan
mendeskripsikan efektifitas media gambar asosiatif dalam meningkatkan
kemampuan kognitif berhitung permulaan pada anak usia 5-6 tahun. Dalam
penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2
siklus dalam 1 siklus 3 pertemuan sejumlah 15 anak terdiri dari 6 laki-laki 9
perempean. Penelitian kemampuan kognitif berhitung pada pra siklus sebesar 43%, pada siklus II berubah menjadi 77% efektifitas media gambar asosiatif dalam
meningkatkan kemampuan kognitif berhitung permulaan terlihat dari selisih pra
siklus dan siklus II yaotu sebesar 34%, membuktikan bahwa melalui media gambar
asosiatif dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam berhitung
permulaan.
Kata Kunci : Media Gambar Asosiatif, Meningkatkan Kemampuan Berhitung
Permulaan
212/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain