Text
Skripsi : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF BERHITUNG PERMULAAN MELALUI METODE BERMAIN UKA (ULAR ANGKA) PADA ANAK KELOMPOK A TK LESTARI DUDAKAWU KECAMATAN KEMBANG KABUPATEN JEPARA - CD Skripsi
ABSTRAK
Khoirul Manjuli NPM. B2618110435, “Upaya Meningkatkan Kemampuan
Kognitif Berhitung Permulaan Melalui Metode Bermain UKA (Ular Angka) Pada
Anak Kelompok A TK Lestari Dudakawu Kecamatan Kembang Kabupaten
Jepara”. Skripsi. PG-PAUD. Fakultas Keguruan Ilmu dan Pendidikan.
Universitas Ivet Semarang 2022, 39 Halaman.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah kemampuan
kognitif berhitung permulaan dapat ditingkatkan melalui metode bermain UKA
(Ular Angka) pada anak kelompok A TK Lestari Dudakawu Kecamatan Kembang
Kabupaten Jepara? 2) Bagaimana perubahan perilaku anak kelompok A TK
Lestari Dudakawu Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara melalui metode
bermain UKA (Ular Angka) dalam meningkatkan kemampuan kognitif berhitung
permulaan? 3) Bagaimana efektifitas metode bermain UKA (Ular Angka) dalam
meningkatkan kemampuan kognitif berhitung permulaan pada anak kelompok A
TK Lestari Dudakawu Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara?. Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari
tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini
adalah kelompok A di TK Lestari Dudakawu Kecamatan Kembang Kabupaten
Jepara, dengan jumlah peserta didik 4 laki-laki dan 4 perempuan. Data diperoleh
dengan dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan pengamatan evaluasi hasil
belajar anak oleh observer bahwa Kemampuan kognitif berhitung permulaan Pra
Siku diperoleh sebesar 25%, kemudian pada siklus I diperoleh sebesar 69% dan
siklus II sebesar 88%. Perubahan perilaku anak menunjukkan adanya
peningkatan keaktifan dengan adanya bermain UKA (ular angka) terlihat dari
keaktian anak dari siklus I 83% meingkat menjadi 93% pada siklus II didukung
oleh kinerja guru pada siklus dengan nilai 73,53% meningkat siklus II sebesar
82,35%.
Kata Kunci: Metode Bermain UKA (Ular Angka), Kemampuan Berhitung
Permulaan.
213/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain