Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI MEDIA PERMAINAN DAKON KREATIF PADA ANAK KELOMPOK A DI TK TA KARANGGONDANG 1 KECAMATAN MLONGGO KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Nendyah Dwi Murniati. Peningkatan kemampuan Kognitif Mengenal Angka 1-10
Melalui Media Permainan Dakon Kreatif Pada Anak Kelompok A Di TK TA
Karanggondang 1 Kecamatan Mlonggo kabupaten Jepara Tahun Ajaran
2021/2022. Semarang. PG-PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Ivet Semarang. 2022, 72 halaman.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Peningkatan kemampuan
kognitif mengenal angka 1-10 melalui media permainan dakon kreatif 2)
Perubahan perilaku anak melalui permainan dakon kreatif 3) Efektifitas media
permainan dakon kreatif . Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan
2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek terdiri dari 12 anak ( L = 7.
P = 5). Penilaian kemampuan kognitif pada pra siklus mencapai 33%, siklus I
mencapai 66,6%, siklus II sebesar 91,6% dengan kategori berkembang sangat baik.
Kinerja guru pada Pra siklus 67% dengan kriteria cukup baik, siklus I mencapai
74% dengan kriteria baik dan siklus II mencapai 86% dengan kriteria baik sekali.
Keaktifan anak pada siklus I 66,6% meningkat menjadi 91,6% pada siklus II.
Efektifitas permainan dakon kreatif dalam penelitian untuk meningkatkan
kemampuan kognitif mengenal angka adalah sebesar 58,6%.
Kata kunci : Permainan dakon kreatif, membilang, mengenal, menunjuk dan
menghitung.
215/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain