Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK HARAPAN BUMIHARJO KECAMATAN KELING KABUPATEN JEPARA - CD Skripsi
ABSTRAK
Susi Ferisetiana, (2022). Peningkatan Kemampuan Kognitif Mengenal Angka 1-10
Melalui Media Kartu Bergambar Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Harapan
Bumiharjo Kecamatan Keling Kabupaten Jepara. Semarang. PAUD. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet Semarang, 2022. 63 Halaman
Rumusan masalah: 1) Bagaimana peningkatan kemampuan kognitif
mengenal angka 1-10 melalui media kartu bergambar pada anak usia 4-5 tahun? 2)
Bagaimana perubahan perilaku anak anak usia 4-5 tahun melalui media kartu
bergambar dalam meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka 1-10? 3)
Apakah melalui media kartu bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan
kognitif mengenal angka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun? Tujuan Penelitian: 1)
Meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka 1-10 melalui media kartu
bergambar pada anak usia 4-5 tahun. 2) Mengetahui perubahan perilaku anak anak
usia 4-5 tahun melalui media kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan
kognitif mengenal angka 1-10. 3) Mendiskripsikan media kartu bergambar efektif
dalam meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka 1-10 pada anak usia 4-5
tahun. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek
penelitian adalah anak kelompok A anak usia 4-5 tahun di TK Harapan Bumiharjo
Keling sejumlah 18 anak. Prosedur penelitian dengan tahapan perencanaan
tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, teknik pengumpulan data
menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian kemampuan kognitif
mengenal angka pada pra siklus sebesar 38%, pada siklus II berubah menjadi 84%
efektifitas metode bermain kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan
kognitif mengenal angka terlihat dari selisih pra siklus dan siklus II yaitu sebesar
46%, membuktikan bahwa melalui metode bermain kartu bergambar dapat
meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka.
Kata Kunci : Metode Bermain Kartu Bergambar, Kemampuan Mengenal Angka
216/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain