Text
Skripsi : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA JAWA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN WAKER (WAYANG KERTAS) PADA ANAK KELOMPOK A TK HA TUBANAN 01 KECAMATAN KEMBANG KABUPATEN JEPARA - CD Skripsi
ABSTRAK
Rokhi Matul Munawaroh NPM. B2618110428, “Upaya Meningkatkan
Kemampuan Berbahasa Jawa Melalui Metode Bercerita Dengan Waker (Wayang
Kertas) Pada Anak Kelompok A Tk Ha Tubanan 01 Kecamatan Kembang
Kabupaten Jepara” . Skripsi. PG-PAUD, Fakultas Keguruan Ilmu dan Pendidikan,
Universitas Ivet Semarang 2022.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) upaya meningkatkan
kemampuan berbahasa Jawa melalui metode bercerita dengan WAKER (wayang
kertas) 2) Perubahan perilaku anak melalui metode bercerita dengan WAKER
(wayang kertas) 3) Efektifitas metode bercerita dengan WAKER (wayang kertas).
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, setiap siklus
terdiri dari 3 pertemuan. Subyek terdiri dari 10 anak ( L = 6, P = 4). Hasil penelitian
bahasa pada pra-siklus mencapai 40%, siklus I mencapai 60%, dan siklus II
mencapai 90% dikategorikan berkembang sangat baik. Kinerja guru pada pra siklus
67% dengan kriteria cukup baik, siklus I mencapai 74% dengan kriteria baik, dan
siklus II mencapai 86% dengan kriteria baik sekali. Keaktifan anak pada siklus I
60% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Efektifitas permainan wayang kertas
dalam penelitian untuk meningkatkan kemampuan bahasa adalah 50%.
Kata Kunci : Kemampuan Bahasa, Kegiatan Menceritakan kembali, Memainkan
Wayang Kertas, Bercerita
217/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain