Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL PENDISIPLINAN ANAK MELALUI PERMAINAN DAKON DI KB. TUNAS BELIA DESA BENGLE KECAMATAN WONOSAMODRO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Hengki Aristianingsih, NPM. B2618130122. “Peningkatan Kemampuan
Sosial Emosional Pendisiplinan Anak Melalui Permainan Dakon di KB.
Tunas Belia Desa Bengle Kecamatan Wonosamodro Kabupaten Boyolali
Tahun 2021/2022”. Program Studi PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Ivet Semarang Tahun Akademik 2021/2022
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengenalkan permainan tradisional
khusunya dakon dan melatih mental disiplin anak melalui permainan dakon. Pada
penelitian ini digunakan penelitian tindakan kelas untuk metodologi penelitiannya
dan terdiri dari dua siklus yang mencakup perencanaan (Panning), Tindakan
(Acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini
adalah peserta didik KB. Tunas Belia Desa Bengle yang terdiri dari 10 anak.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan peningkatan disetiap siklus yang
dilakukan pada kelas, yaitu pada pra-siklus I semua anak berada pada tingkatan
BB (Belum Berkembang), siklus I pertemuan I 50% anak sudah berada pada
tingkatan MB (Mulai Berkembang), siklus I pertemuan II 40% anak pada
tingkatan MB (Muai Berkembang dan 60% anak pada tingkatan BSH
(Berkembang Sesuai Harapan), kemudian pada siklus II pertemuan I semua anak
berada ada tingkatan BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan pada siklus II
pertemuan II didapatkan 10% anak pada tingkatan BSH (Berkembang Sesuai
Harapan) dan 90% anak pada tingkatan BSB (Berkembang Sangat Baik).
Sehingga kesimpulan pada penelitian ini adalah peserta didik di Kelompok
Belajar Tunas Belia di Desa Bengle sekarang mempunyai pengetahuan di bidang
permainan daerah khususnya dakon dan sekarang lebih disiplin daripada
sebelumnya.
Kata Kunci: Dakon, Metode Pembelajaran dan Mental Disiplin
218/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain