Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN ESTAFET BERMEDIA BONEKA LAMPION PADA KELOMPOK B TK KELIPUR NGUDI ILMI KALINANAS TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Reni Sutarti, NPM : B2618130408. ―Peningkatan Kemampuan Motorik
Kasar Melalui Permainan Estafet Bermedia Boneka Lampion Pada
Kelompok B TK Kelipur Ngudi Ilmi Kalinanas Tahun Ajaran 2021/2022‖.
Program Studi PG-PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Ivet. Tahun Akademik 2021/2022.
Penelitian ini bertujuan untuk ( 1 ) mengetahui cara meningkatkan
kemampuan motorik kasar anak melalui metode Estafet Boneka Lampion pada
anak Kelompok B TK Kelipur Ngudi Ilmi Kalinanas, (2) Untuk mengetahui
perubahan perilaku yang tampak melalui metode bermain Estafet Boneka
Lampion pada anak Kelompok B TK Kelipur Ngudi Ilmi Kalinanas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Kegiatan penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang
mencakup: perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan
refleksi (reflecting). Subyek penelitian ini adalah guru dan anak Kelompok B
TK Kelipur Ngudi Ilmi Kalinanas yang berjumlah 12 anak, terdiri 8 anak
laki-laki dan 4 anak perempuan yang berumur 5-6 Tahun
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Permainan
Estafet dengan media Boneka Lampion dapat meningkatkan kemampuan
motorik kasar pada anak Kelompok B TK Kelipur Ngudi Ilmi Kalinanas
Tahun Ajaran 2021/2022. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus II
yang menunjukkan bahwa anak yang berhasil dengan berkembang sangat baik
sebanyak 11 anak atau 91,7% yang terdiri dari kategori berkembang sangat baik
ada 8 anak atau 66,7% dan berkembang sesuai harapan sebanyak 3 anak atau
25%, dan kategori mulai berkembang ada 1 anak atau 8,3%, dan kategori beelum
berkembang sebanyak 0 anak atau 0%. Hasil pengamatan pada siklus II
menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak sudah meningkat dengan
berkembang sangat baik atau sudah melebihi indikator ketuntasan dalam
pembelajaran 75%, oleh karena itu tidak perlu dilakukan perbaikan pembelajaran
atau dengan kata lain penelitian ini dikatakan berhasil, (2)Perubahan perilaku
yang tampak dengan adanya permainan Estafet Boneka Lampion pada anak
Kelompok B TK Kelipur Ngudi Ilmi Kalinanas adalah anak menjadi lebih aktif
dan fokus pada saat pembelajaran berlangsung.
Kata kunci : motorik kasar, permainan estafet, boneka lampion
219/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain