Text
Skripsi : PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF MENGGUNAKAN MEDIA LOOSE PARTS PADA PESERTA DIDIK USIA 4-5 TAHUN KELOMPOK A DI TK NURUL LUTHOFA` PATI TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Dwi Pranita Sari, NPM B2618110297. “ Peningkatan Kreativitas Melalui
Permainan Konstruktif Menggunakan Media Loose Parts Pada Peserta Didik Usia
4-5 Tahun Kelompok A Di TK Nurul Luthofa` Pati Tahun Ajaran 2021/2022” .
Semarang. PG-PAUD. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas IVET
Semarang.2022, 58 halaman.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kreativitas masih
rendah. Kreativitas peserta didik kurang memadai atau kurang mempertajam
peningkatan kreativitas anak. Kegiatan belajar mengajar yang tampaknya belum
secara maksimal mampu mengembangkan kesadaran tentang kepercayaan
diri,yang merupakan bagian dari kesadaran kreatif. Untuk mencari solusi agar
anak menjadi kreatif maka diperlukan permainan konstruktif menggunakan media
loose parts.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana meningkatkan
kreativitas melalui permainan konstruktif menggunakan media loose parts pada
peserta didik usia 4-5 tahun di TK Nurul Luthofa` Pati Desa Kayen Kecamatan
Kayen Kabupaten Pati. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas
anak usia dini.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Kreativitas
melalui permainan konstruktif menggunakan media loose parts pada peserta didik
usia 4-5 tahun kelompok A di TK Nurul Luthofa` Desa Kayen Kecamatan Kayen
Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2021/2022.
Pendekatan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Jenis penelitian
ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Yaitu suatu riset yang dilakukan
di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan
metode dokumentasi. Berdasarkan pada keberhasilan yang dilakukan pada
pembelajaran siklus I dan siklus II. Maka hasil penelitian dapat disimpulkan dari
data yang diperoleh dari dua jenis sumber data. Pertama hasil pengamatan selama
proses kegiatan untuk melihat keaktifan anak. Kedua hasil data akhir ( setelah
penelitian berakhir ) untuk melihat keberhasilan setiap anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan konstruktif dapat
meningkatkan kreativitas siswa TK Nurul Luthofa` Desa Kayen Kecamatan
Kayen Kabupaten Pati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus
kategori bagus mencapai 25% kategori BSB, kategori BSH mencapai 10%,
kategori MB mencapai 65%. Pada siklus I kategori BSB mencapai 75%, kategori
BSH mencapai 15% , kategori MB mencapai 10%. Pada siklus II kategori BSB
mencapai 90%, kategori BSH mencapai 10%. Pada siklus I nilai ketuntasan
sebesar 75%, dan siklus II sebesar 90%. Nilai prosentase pada siklus II sebesar
90% yang berarti masuk kriteria sangat baik. Yaitu masuk kriteria nilai (> 90%)
yang berarti sangat baik dan sudah mencapai indicator keberhasilan , yaitu
melebihi 85% yaitu mencapai 90%.
Kata kunci : Peningkatan Kreativitas, Permainan Konstruktif, Media Loose Parts
225/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain