Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI MEDIA CELEMEK BERKARAKTER PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN TKIT LENTERA HATI GABUS PATI - CD Skripsi
ABSTRAK
Sumiati (2022). Peningkatan Kemampuan Menyimak melalui Media
Celemek Berkarakter Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TKIT Lentera Hati Gabus
Pati. Universitas Ivet.,61 Halaman.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana kemampuan
menyimak anak usia 4-5 tahun melalui media celemek berkarakter di TKIT
Lentera Hati Kecamatan Gabus Kabupaten Pati.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini dilakukan
pada obyek yang alamiah yaitu obyek yang berkembang apa adanya, tidak
dimanipulasi oleh peneliti dan kehadiran peneliti tidak mempengaruhi dinamika
tersebut Obyek penelitian adalah peserta didik TKIT Lentera Hati Kecamatan
Gabus Kabupaten Pati yang berjumlah 10 anak yang terdiri dari 3 anak laki- laki
dan 7 anak perempuan.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa presentase ketuntasan pada kegiatan
menyimak dengan media celemek berkarakter mencapai 80 % anak yang
mencapai nilai dengan predikat berkembang sesuai harapan (BSH) dan
berkembang sangat baik (BSB). Ini menunjukkan bahwa kemampuan menyimak
anak kelompok A TKIT Lentera Hati Kecamatan Gabus Kabupaten Pati sudah
optimal, yang dicapai dalam kegiatan penelitian yang dilaksanakan melalui 2
siklus.
Pada siklus 1 pertemuan ke-1 masih terdapat 60% peserta didik yang
mendapat nilai MB yang berarti bahwa ketuntasan klasikal belum tercapai.
Sedangkan pada pertemuan ke-2 presentase ketuntasan klasikal mengalami
peningkatan. Pada pertemuan ke-2 terdapat 5 anak yang mendapat nilai MB, dan
pada pertemuan ke-3 hanya ada 4 anak yang mendapat nilai MB. Hal ini
menunjukkan bahwa aktivitas anak mengalami peningkatan.
Pada siklus 2 pertemuan ke-1 maupun ke-2 ketuntasan klasikal peserta
didik dalam aktivitas pembelajaran dikelas mampu mencapai ketuntasan yang
maksimal, Pada pertemuan ke-2, presentase peserta didik dengan nilai BSB masih
sama yaitu dari 40% dan yang memperoleh skor BSH mengalami peningkatan
dari 20% menjadi 40%, sehingga anak yang mencapai nilai dengan BSB dan BSH
mencapai 80% dari jumlah anak.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, peneliti menarik kesimpulan
bahwa pembelajaran dengan kegiatan menyimak cerita dengan media celemek
berkarakter dapat meningkatkan kemampuan meyimak peserta didik TKIT
Lentera Hati Kecamatan Gabus Kabupaten Pati. Disarankan untuk penelitian
selanjutnya, dapat menggunakan kegiatan media celemek berkarakter untuk
meningkatkan kemampuan kemampuan menyimak anak usia dini.
Kata Kunci : bercerita, celemek berkarakter.
227/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain