Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP DAN LAMBANG BILANGAN MELALUI METODE BERMAIN SURPRISE BAWANG PUTIH PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN MARSUDI RAHAYU MONGKRONG DESA KARANGJATI KECAMATAN WONOSEGORO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Kus Daryanti, NPM : B2618130397. “Peningkatan Kemampuan
Mengenal Konsep Dan Lambang Bilangan Melalui Metode Bermain Surprise Bawang Putih Pada Anak KB Marsudi Rahayu Mongkrong Desa Karangjati
Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2021/2022”.
Program Studi PG-PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Ivet. Tahun Akademik 2021/2022.
Penelitian ini bertujuan untuk ( 1 ) mengetahui peningkatan kemampuan pengenalan konsep dan lambang bilangan melalui metode bermain surprise bawang putih pada anak KB Marsudi Rahayu Mongkrong Desa Karangjati
Kecamatan Wonosegoro Kabupaten .Boyolali Tahun Ajaran 2021/2022, (2)
mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan pengenalan konsep dan
lambang bilangan melalui metode bermain surprise bawang putih pada anak
KB Marsudi Rahayu Mongkrong Desa Karangjati Kecamatan Wonosegoro
Kabupaten .Boyolali Tahun Ajaran 2021/2022.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Kegiatan penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang
mencakup: perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan
refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa KB Marsudi
Rahayu Mongkrong Desa Karangjati Kecamatan Wonosegoro Kabupaten
Boyolali dengan jumlah murid 10 anak yang terdiri dari 8 anak laki – laki dan 2
anak perempuan
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Hasil belajar
kemampuan pengenalan konsep dana lambang bilangan dapat ditingkatkan
melalui metode surprise bawang putih pada anak KB Marsudi Rahayu
Mongkrong Desa Karangjati Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun
Ajaran 2021/2022. Adapun langkah-langkahnya adalah (a) Siswa diminta
memperhatikan penjelasan guru mengenai metode surprice bawang putih, (b)
siswa diminta mempraktikkan metode surprice bawang putih, (c) peneliti
melakukan evaluasi, (d) peneliti menganalisis hasil evaluasi, (2) Peningkatan
kemampuan pengenalan konsep dan lambang bilangan melalui metode
surprise bawang pada anak KB Marsudi Rahayu Mongkrong Desa Karangjati
Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2021/2022 dapat
dilihat dari pengamatan yang dilakukan pada siklus II anak yang berhasil dengan
berkembang sangat baik sebanyak 9 anak atau 90% yang terdiri dari kategori
berkembang sangat baik ada 4 anak atau 40% dan berkembang sesuai harapan
sebanyak 5 anak atau 50%, dan kategori mulai berkembang ada 1 anak atau 10%.
Hasil pengamatan pada siklus II menunjukkan bahwa kemampuan pengenalan konsep dan lambang bilangan sudah meningkat dengan berkembang sangat baik
atau sudah melebihi indikator ketuntasan dalam pembelajaran 75%, oleh karena
itu tidak perlu dilakukan perbaikan pembelajaran atau dengan kata lain penelitian
ini dikatakan berhasil.
Kata kunci : konsep, lambang bilangan, metode surprise bawang putih
228/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain