Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL WARNA DENGAN TEKNIK BATIK JUMPUTAN PADA ANAK KELOMPOK A DI RA MASYITHOH 2 DERAS KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
LAILA INDANA ZULFA, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berjudul
“Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Warna Dengan
Teknik Batik Jumputan Pada Anak Kelompok A Di RA Masyithoh 2 Deras
Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2021/2022”. Program Studi PG-PAUD.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. Tahun Akademik
2021/2022. 66 halaman.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan
kognitif dalam mengenal warna pada anak melalui teknik batik jumputan di
Kelompok A RA Masyithoh 2 Deras Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran
2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK. Penelitian
ini menggunakan 2 siklus. Pada setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan yang
setiap pertemuannya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah adalah 12 anak kelompok A RA
Masyithoh 2 Deras yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 6 anak perempuan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
dokumentasi, observasi, dan lembar wawancara.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan dari hasil observasi bahwa
teknik batik jumputsn dalam pra siklus adalah 16,67%, dan siklus I diperoleh ratarata sebesar 58,33% itu artinya dari kegiatan pra siklus ke siklus I mengalami
peningkatan besar 41,66%. Dilanjut pada siklus II memperoleh hasil rata-rata
91,67% itu berarti dari tindakan siklus I ke siklus II hasil anak mengalami
peningkatan 50,01%. Dengan hasil demikian maka dapat dikatakan bahwa hasil
belajar anak untuk peningkatan kemampuan kognitif mengenal warna melalui
teknik batik jumputan dapat meningkat.
Kata Kunci: kognitif, warna, batik jumputan
231/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain