Text
Skripsi : MENINGKATKAN KONSEP MATEMATIKA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN BIJI-BIJIAN PADA KELOMPOK A DI TK KEMALA BHAYANGKARI GLADAGSARI TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Kumala Andini, NPM : B2618130111. “Meningkatkan Konsep
Matematika Permulaan Melalui Permainan Biji-bijian Pada Kelompok A di
TK Kemala Bhayangkari Gladagsari Tahun Ajaran 2021/2022”. Program
Studi PG-PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet. Tahun
Akademik 2021/2022.
Penelitian ini bertujuan untuk ( 1 ) mengetahui proses permainan bijibijian dalam meningkatkan kemampuan memahami konsep matematika
permulaan anak kelompok A di TK Kemala Bhayangkari Gladagsari Tahun
Ajaran 2021/2022, (2) Untuk mengetahui perubahan perilaku apa yang tampak
dari permainan biji-bijian pada anak kelompok A di TK Kemala Bhayangkari
Gladagsari Tahun Ajaran 2021/2022.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Kegiatan penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang
mencakup: perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan
refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelompok A TK
Kemala Bhayangkari Gladagsari dengan jumlah murid 12 anak yang terdiri dari 5
anak laki– laki dan 7 anak perempuan.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Metode
pebelajaran dengan menggunakan permainan biji-bijian dapat meningkatkan
kemampuan konsep matematika permulaan anak Kelompok A Di TK Kemala
Bhayangkari Gladagsari Tahun Ajaran 2021/2022” hal ini dapat dilihat dari dari
prosentase kemampuan mengenal konsep matematika permulaan anak dengan
kategori baik siklus II mencapai 87,09% yang terdiri dari kategori BSB 76,90%
dan BSH 10,19%, (2) Perubahan perilaku yang tampak pada anak kelompok A di
TK Kemala Bhayangkari Gladagsari tahun ajaran 2021/2022 dalam peningkatan
kemampuan mengenal konsep matematika permulaam pada anak adalah anak
menjadi lebih aktif dan fokus dalam pembelajaran
Kata kunci : Matematika Permulaan, Permainan, Biji-bijian
236/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain