Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL MELALUI KEGIATAN MEMBENTUK HURUF DENGAN MEDIA BATU KERIKILDI KELOMPOK B TK SION TRIDAMARSARI SAMPETAN KECAMATAN GLADAGSARI BOYOLALI TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
SRI WAHYUNI, NPM 2618130113: “Peningkatan Kemampun Mengenal
Mengenal Huruf Vokal Melalui Kegiatan Membentuk Huruf Dengan Batu Kerikil
Di Kelompok B TK Sion Tridamarsari Sampetan Kecamatan Gladagsari Boyolali
Tahun Ajaran 2021/2022”. Program Studi PG PAUD. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. Tahun Akademik 2021/2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan permainan
tradisional dumparan dalam mengembangkan motorik kasar anak pada kelompok
B di TK Sion Tridamarsari Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali; (2)
Perkembangan bahasa anak pada kelompok B di TK Sion Tridamarsari.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif interaktif yang merupakan pencermatan
terhadap kegiatan yang sengaja dimunculkan. Penelitian ini dilakukan dalam dua
siklus, dimana aktifitas setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK
Sion Tridamarsari Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali, khususnya kelas B
sejumlah 14 anak. Metode pemecahan masalah yang digunakan adalah melalui
penggunaan media batu kerikil dalam pembelajaran. Instrumen penelitian
menggunakan lembar observasi kinerja guru, lembar observasi aktifitas anak, dan
lembar evaluasi perkembangan bahasa anak. Pelaksanaan penelitian secara
kolaboratif yang dilakukan oleh satu orang guru pelaksana tindakan dan satu
orang guru pengamat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Rerata skor aktifitas anak
dalam kegiatan belajar mengajar khususnya dalam bermain dengan batu kerikil
mengalami peningkatan dari 2 menjadi 3,5 dengan kriteria sangat baik. Ini
menunjukkan bahwa dengan metode pembelajaran yang kreatif maka keaktifan
anak dalam pembelajaran akan meningkat; (2) Aspek perkembangan bahasa anak
mengalami perkembangan dari 7,7% menjadi 78‟6% dengan kriteria baik (BSH)
ini artinya bahwa bermain batu kerikil mampu mengembangkan bahasa anak pada
kelompok B di TK Sion Tridamarsari Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali.
Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil sehingga
peneliti merekomendasikan penggunaan media batu kerikil dalam pembelajaran
pengembangan bahasa untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal
pada anak TK.
Kata Kunci : batu kerikil, bahasa huruf vokal
237/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain