Text
Skripsi : PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGAMBAR MELALUI METODE FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK B KB BINTANG CERIA KEDUNGJATI KECAMATAN KEDUNGJATI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
UMI HANIK, NPM : B2618130119, ―Peningkatan Kreativitas
Menggambar Melalui Metode Finger Painting Pada Anak Kelompok B KB
Bintang Ceria Kedungjati Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan Tahun
Ajaran 2021/2022‖, Progam Studi PG-PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Ivet. Tahun Akademik 2021/2022.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas menggambar
melalui metode finger painting pada anak kelompok B KB Bintang Ceria
kedungjati kecamatan Kedungjati kabupaten Grobogan tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, yang stiap siklusnya
terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan
(observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini bersifat kolaboratif antara
peneliti dan guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
dokumentasi, wawancara, dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan
lembar observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B
KB Bintang Ceria Kedungjati kecamatan Kedungjati kabupaten Grobogan.
Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif-kuantitatif dengan
penekanannya digunakan untuk menentukan peningkatan proses yang dinyatakan
dalam sebuah predikat, sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk
menentukan peningkatan hasil dengan menggunakan presentase.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan dari hasil observasi bahwa
kreativitas menggambar melalui finger painting dalam pra siklus adalah 48,66%,
dan pada siklus I prosentase kreativitas meningkat menjadi 64,95%, pada siklus II
kreativitas kembali mengalami peningkatan menjadi 87,05%. Dengan demikian
dapat diartikan bahwa hasil belajar anak untuk peningkatan kreativitas
menggambar melalui finger painting dapat meningkat.
Kata kunci : Kreativitas, Menggambar, Finger Painting
238/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain