Text
Skripsi : MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK MELALUI METODE PERMAINAN EMBER PADA KELOMPOK A TK PERTIWI 2 KALIMATI KECAMATAN JUWANGI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
AYU NILA ATMASARI : NPM : B2618130132 “MENINGKATKAN
KEMAMPUAN BERCERITA ANAK MELALUI METODE PERMAINAN EMBER
PADA KELOMPOK A TK PERTIWI 2 KALIMATI KECAMATAN JUWANGI
KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2021/2022”. Jurusan Pendidikan
Anak Usia Dini, Universitas Ivet Semarang Tahun Akademik 2021-2022.
Rendahnya kemampuan bercerita di TK Pertiwi 2 Kalimati Juwangi
Kabupaten Boyolali yang hanya 15% siswa yang memiliki kemampuan bercerita
sesuai harapan mendorong pihak-pihak yang terkait untuk mengkaji ulang.
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita,
secara khusus mengetahui berapa besar kemampuan bercerita melalui permainan
ember. Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana cara meningkatkan
kemampuan bercerita anak melalui permainan ember di TK Pertiwi 2 Kalimati
Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali.
Subyek penelitian 13 anak didik terdiri dari laki-laki 8 anak dan perempuan
5 anak. Penelitian dilakukan selama 2 (dua) siklus dengan prosedur umum meliputi
tahapan (1) Tahap perencanaan, (2) Pelaksaan, (3) Pengamatan,
(4) Refleksi. Data penelitian ini adalah data kemampuan bercerita anak didik,
instrument pengambilan data dengan menggunakan metode deskriptif komparatif
yaitu membandingkan prasiklus dan antar siklus. Penelitian ini adalah data
kemampuan bercerita anak didik, instrumen pengambilan data dengan lembar
pengamatan dan teknik pengumpulan data melalui observasi.Teknik analisis data
dengan menggunakan metode deskriptif kompartif yaitu membandingkan prasiklus
dan antar siklus.
Berdasarkan analisa data pada penerapan metode bermain dengan
permainan ember dapat meningkatkan kreativitas berbahasa lisan pada anak
kelompok A TK Pertiwi 2 Kalimati Kecamatan Juwangi. Terbukti prasiklus 15%
meningkat pada siklus I 46% dan siklus II 85%.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat
disimpulkan bahwa penerapan atau penggunaan permainan ember dapat
meningkatkan kemampuan bercerita anak. Selain hal tersebut diatas ada persepsi
dan kesan siswa yang signifikan terhadap penerapan atau penggunaan permainan
ember. Selain itu disekolah, pengambil kebijakan, peneliti lain dapat menggunakan
sebagai bahan kajian untuk mengembangkan penelitian lebih lanjut tentang
perbaikan pembelajaran guna meningkatkan kualitas proses belajar dan mengajar.
Kata kunci : Permainan Ember, bercerita anak
239/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain