Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Skripsi : MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM
MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 DENGAN BERMAIN
KANTONG ANGKA DI KELOMPOK A TK SION TRIDAMARSARI
DESA SAMPETAN KECAMATAN GLADAGSARI KABUPATEN
BOYOLALI - CD Skripsi

Text

Skripsi : MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 DENGAN BERMAIN KANTONG ANGKA DI KELOMPOK A TK SION TRIDAMARSARI DESA SAMPETAN KECAMATAN GLADAGSARI KABUPATEN BOYOLALI - CD Skripsi

Pelodu, Darce - Nama Orang;

ABSTRAK
DARCE PELADU. NPM. B 2618130126 “Meningkatkan Kemampuan Kognitif
Dalam Mengenal Lambang Bilangan Dengan Bermain Kantong Angka Di
Kelompok A TK Sion Tridamarsari Desa Sampetan Kecamatan Gladagsari
Kabupaten Boyolali.” Program Studi PG PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Ivet. Tahun Akademik 2021/2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif
khususnya kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak Kelompok A
TK Sion Tridamarsari dengan menggunakan alat peraga Kantong Angka. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK).
Prosedur penelitian ini menerapkan PTK terdiri dari 2 siklus, setiap siklus
terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik Kelompok A TK Sion
Tridamarsari sebanyak 12 anak. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data lebih banyak dilakukan
bersamaan dengan pengumpulan data. Hasil perhitungan dikonsultasikan dengan
tabel kriteria persentase. Berdasarkan hasil tindakan siklus I dan siklus II
menunjukkan adanya perkembangan kemampuan kognitif dalam mengenal
lambang bilangan 1-10 pada anak Kelompok A TK Sion Tridamarsari.
Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase
bilangan dari kondisi awal prasiklus 25%, siklus I 58,3% dan pada siklus II
83,3%. Dengan demikian, penggunaan alat peraga Kantong Angka dapat
mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal lambang bilangan pada
anak Kelompok A TK Sion Tridamarsari melalui langkah-langkah sebagai
berikut: (1) Peneliti mempersiapkan setting dan alat peraga yang digunakan; (2)
Peneliti mendemontrasikan kegiatan bermain yang akan dilaksanakan; (3) Peneliti
mengajak anak bermain berhitung, tebak angka dan memasukkan daun/ranting
sesuai jumlah dengan urut dari 1-10; (4) Peneliti dan anak membuat kesimpulan
tentang hasil kegiatan yang dilaksanakan; (5) Peneliti memberikan reward pada
anak yang mampu melakukan kegiatan dengan baik, dan memberikan motivasi
pada anak yang belum mampu dalam melakukan kegiatan.
Kata kunci: Kantong Angka, Bilangan


Ketersediaan
240/PAUD/PUS/II/2022378Perpustakaan Pusat (PG PAUD)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
378
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
21x30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
PG PAUD
240/PAUD/PUS/II/2022
Darce Pelodu
B2618130126
Info Detail Spesifik
Hard cover skripsi warna biru – CD Skripsi Jurusan PG - PAUD
Pernyataan Tanggungjawab
Darce Pelodu
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 DENGAN BERMAIN KANTONG ANGKA DI KELOMPOK A TK SION TRIDAMARSARI DESA SAMPETAN KECAMATAN GLADAGSARI KABUPATEN BOYOLALI
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik