Text
Skripsi : MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 DENGAN BERMAIN KANTONG ANGKA DI KELOMPOK A TK SION TRIDAMARSARI DESA SAMPETAN KECAMATAN GLADAGSARI KABUPATEN BOYOLALI - CD Skripsi
ABSTRAK
DARCE PELADU. NPM. B 2618130126 “Meningkatkan Kemampuan Kognitif
Dalam Mengenal Lambang Bilangan Dengan Bermain Kantong Angka Di
Kelompok A TK Sion Tridamarsari Desa Sampetan Kecamatan Gladagsari
Kabupaten Boyolali.” Program Studi PG PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Ivet. Tahun Akademik 2021/2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif
khususnya kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak Kelompok A
TK Sion Tridamarsari dengan menggunakan alat peraga Kantong Angka. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK).
Prosedur penelitian ini menerapkan PTK terdiri dari 2 siklus, setiap siklus
terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik Kelompok A TK Sion
Tridamarsari sebanyak 12 anak. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data lebih banyak dilakukan
bersamaan dengan pengumpulan data. Hasil perhitungan dikonsultasikan dengan
tabel kriteria persentase. Berdasarkan hasil tindakan siklus I dan siklus II
menunjukkan adanya perkembangan kemampuan kognitif dalam mengenal
lambang bilangan 1-10 pada anak Kelompok A TK Sion Tridamarsari.
Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase
bilangan dari kondisi awal prasiklus 25%, siklus I 58,3% dan pada siklus II
83,3%. Dengan demikian, penggunaan alat peraga Kantong Angka dapat
mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal lambang bilangan pada
anak Kelompok A TK Sion Tridamarsari melalui langkah-langkah sebagai
berikut: (1) Peneliti mempersiapkan setting dan alat peraga yang digunakan; (2)
Peneliti mendemontrasikan kegiatan bermain yang akan dilaksanakan; (3) Peneliti
mengajak anak bermain berhitung, tebak angka dan memasukkan daun/ranting
sesuai jumlah dengan urut dari 1-10; (4) Peneliti dan anak membuat kesimpulan
tentang hasil kegiatan yang dilaksanakan; (5) Peneliti memberikan reward pada
anak yang mampu melakukan kegiatan dengan baik, dan memberikan motivasi
pada anak yang belum mampu dalam melakukan kegiatan.
Kata kunci: Kantong Angka, Bilangan
240/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain