Text
Skripsi : EFEKTIVITAS CINEMA THERAPY DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY KARIR SISWA KELAS 12 SMK TEUKU UMAR SEMARANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Khusnul Khotimah M (2021). “Efektivitas Cinema Therapy dalam Bimbingan
Kelompok untuk Meningkatkan Self Efficacy Karir Siswa Kelas 12 SMK Teuku
Umar Semarang”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 53 halaman.
Tugas guru BK atau konselor sekolah yaitu membantu siswa untuk
mempunyai keyakinan individu akan kemampuannya melakukan tugas-tugasnya
dalam pemilihan dan perencanaan karir. Berdasarkan hasil AKPD yang
didapatkan oleh guru BK SMK Teuku Umarmasih terdapat beberapa siswa yang
kesulitan dalam merencanakan karir. Salah satu layanan BK yaitu bimbingan
kelompok menggunakan cinema therapy untuk meningkatkan self efficacy karir.
Melalui bimbingan kelompok menggunakan cinema therapy diharapkan siswa
mampu mempunyai keyakinan akan kemampuan yang dimiliki untuk
mengembangkan serta merencanakan karir dengan baik
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas cinema therapy
dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan self-efficacy karir siswa kelas 12
SMK Teuku Umar Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Yaitu dengan
menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi berjumlah 58.
Dalam menentukan sampel penelitian ini menggunakan sampling kuota, yaitu
teknik untuk menentukan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu
sampai jumlah yang diinginkan peneliti. Pada penelitian ini peneliti mengambil
sampel siswa kelas XII TKRO I 10 siswa dan XII TKRO 2 yang berjumlah 10
siswa. Data diperoleh dengan angket atau kuesioner. Analisis data yang digunakan
analisis deskriptif, uji t-test.
Hasil penelitian ini adalah (1) Cinema therapy dalam bimbingan kelompok
efektif dalam meningkatkan self efficacy kakrir siswaSMK Teuku Umar, terbukti
pada pair 1 nilai mean pada post-test kelas eksperimen yaitu 87,00lebihbesar dari
nilai nilai pre-test kelas eksperimen yaitu 60,80. Sedangkan pada pair 2 nilai mean
pada post-test kelas kontrol yaitu 82,80 lebihbesar dari nilai pre-test kelas kontrol
yaitu 60,50. (2). Cinema therapy dalam bimbingan kelompok lebih efektif
dibanding bimbingan kelompoktanpacinema therapay, terbukti pada pengujian ttest jumlah mean post-test kelas eksperimen (87,00) lebih besar dari post-test
kelas kontrol (82,80).
Kata kunci :cinema therapy, bimbingan kelompok, self efficacy karir
005/BK/PUS/II/2021 | MOH s | Perpustakaan Pusat (Bimbingan Konseling) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain